DetikNews
Rabu 27 September 2017, 07:39 WIB

Cintai Jantung Anda dengan Berhenti Merokok

Grasella Sovia Mingkid - detikNews
Cintai Jantung Anda dengan Berhenti Merokok Melatih jantung agar sehat/Foto: Gracella Sovia Mingkid
Surabaya - Cintai jantung Anda. Salah satunya dengan berhenti merokok. Kalimat itu kembali digaungkan karena jantung menjadi hal yang sangat penting bagi seseorang. Sebab, Indonesia menduduki urutan pertama kematian karena penyakit jantung.

Perhimpunan Dokter spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Surabaya ini kembali mengkampanyekan kesehatan jantung, karena bukan hanya tugas dokter jantung saja. Perlu peran yang aktif dari masyarakat untuk mengkampanyekan gaya hidup yang sehat.

"Know your heart berarti kita harus benar-benar kenal jantung kita, berapa tekanan darah kita, detak jantung berapa kali per menit, kadar gula, kadar kolesterol, karena semua itu faktor risiko untuk penyakit jantung," kata Ketua Perki Surabaya, DR dr Yudi Her Oktaviano SpJP CK FIHA FICA FAsCC, FSCAI, kepada detikcom, Rabu (27/9/2017).

Pihaknya juga mengingatkan untuk mencintai dan melatih jantung setiap hari. "Mencintai jantung itu salah satunya dengan berhenti merokok. Move your heart berarti melatih jantung. Supaya jantung terlatih yaitu dengan berolahraga 30 menit per hari, 5 kali dalam seminggu. Beberapa olahraga yang sangat dianjurkan adalah bersepada dan berenang," tambahnya.

Tak hanya itu, memperhatikan asupan makanan yang masuk setiap hari juga menjadi hal yang penting dalam kesehatan jantung. "Full your heart berarti kita memberi makanan yang baik bagi jantung. Batasi gula, garam dan lemak. Gula tidak boleh boleh lebih dari 4 sendok makan, garam tidak boleh lebih dari satu sendok teh, minyak goreng tidak boleh lebih dari lima sendok teh," paparnya.

Dia pun menganjurkan semua pihak melakukan kampanye tentang kesehatan jantung. "Ini bukan tugas kami saja, tetapi tugas semua pihak untuk mulai mempraktikkan gaya hidup sehat," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed