DetikNews
Jumat 22 September 2017, 16:17 WIB

Pemutaran Film G30S/PKI dapat Sambutan Warga Lamongan

Eko Sujarwo - detikNews
Pemutaran Film G30S/PKI dapat Sambutan Warga Lamongan Foto: Dokumentasi Kodim Lamongan
Lamongan - Pemutaran film Penghianatan G30S/PKI juga digelar oleh Kodim Lamongan. Bahkan, pemutaran film karya Arifin C Noer ini mendapat sambutan luar biasa dari warga Lamongan.

Komandan Kodim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sutrisno Pujiono, Jumat (22/9/2017) mengatakan, pemutaran film tersebut ditujukan kepada para prajurit dan generasi muda, agar bisa memahami sejarah kelam bangsa Indonesia.

"Supaya anggota Kodim yang belum tahu, generasi muda menjadi mengerti apa itu komunis, apa itu PKI, apa itu gerakan 30 September atau disingkat dgn G30S/PKI dari sumber yang berwenang, sehingga tidak mudah diombang-ambingkan dengan pengetahuan yang tidak benar," ucapnya.

Sutrisno mengatakan, kegiatan nobar ini sangat diharapkan oleh masyarakat sejak lama, karena setiap masuk bulan September pasti ada yang menanyakan kapan TNI memutar lagi film G30S/PKI.

"Ini terlihat dengan banyaknya masyarakat yang menonton bersama sampai selesai, bahkan ada yang bawa makanan sendiri," katanya.

Lebih lanjut, Sutrisno menerangkan, nobar film G30S/PKI sudah dimulai Koramil jajaran Kodim 0812 Lamongan, sejak Rabu lalu (20/9) hingga tanggal 30 September mendatang.

Beberapa koramil jajaran yang sudah menggelar nobar tersebut, lanjut Sutrisno, seperti di Koramil Kota, Deket, Turi, Tikung, Kembangbahu, Ngimbang, Bluluk, Sambeng, Mantup, dan Babat.

"Giat nobar film G30S/PKI di jajaran Kodim 0812 Lamongan dilakukan serentak mulai 20 sampai dengan 30 September 2017. Akan terus dilakukan sampai menjelang 1 Oktober," tutur Sutrisno yang menerangkan kalau puncak penayangan akan digelar 1 Oktober mendatang.

Beberapa lokasi yang menjadi lokasi pemutaran film ini selain di Markas Koramil setempat, adalah pendopo kecamatan, balai desa, gedung sekolah dan juga lapangan pasar desa.

"Acara nobar ini juga ada yang kami langsungkan di halaman sekolah, seperti di halaman SMK NU Ngimbang bersama para pelajar," tutur Sutrisno.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed