DetikNews
Jumat 22 September 2017, 11:19 WIB

Pemkab Kediri Kembali Gelar Festival Kelud, Intip Yuk!

Andhika Dwi - detikNews
Pemkab Kediri Kembali Gelar Festival Kelud, Intip Yuk! Gunung Kelud/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Pemkab Kediri kembali menggelar Festival Kelud. Festival Kelud yang digelar mulai 23 September-8 Oktober 2017 untuk meningkatkan potensi wisata pasca erupsi.

Bertempat di Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, festival yang berlangsung selama 16 hari ini terdiri dari Festival Buah, Tobong Art dan Kelud Volcano Run.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan mengaku festival ini selain melestarikan budaya, juga menggalakkan sektor pariwisata di Kawasan Gunung Kelud.

"Festival Kelud diharapkan dapat menjadi pendorong agar Gunung Kelud menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kediri yang mendunia dan lebih dikenal tidak hanya domestik," ucap Krisna saat ditemui di kantornya, Jalan Sekartaji, Jumat (22/9/2017).

Selain promosi destinasi wisata, Festival Kelud ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Gunung Kelud dengan usaha UMKM-nya.

"Semoga dengan Festival Kelud yang sudah digelar ketiga kalinya di tahun ini, mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar lereng Kelud dengan UMKM-nya," tandas Krisna.

Sementara salah satu festival ini digelar Tobong Art. Tobong Art ini menampilkan artis seni mancanegara yang berkolaborasi dengan seniman asli Indonesia. Selain itu, festival buah juga digelar di sekitar Gunung Kelud. Bagi yang ikut Kelud Volcano Run, peserta bisa menikmati pemandangan alam Gunung Kelud. Bahkan ada pagelaran tari, bazar UMKM dan Larung Sesaji Kelud.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed