DetikNews
Kamis 21 September 2017, 23:46 WIB

Gus Ipul: Ekspor Kopi Jatim Sumbang Devisa Rp 2,7 Triliun

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Gus Ipul: Ekspor Kopi Jatim Sumbang Devisa Rp 2,7 Triliun "Ngopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup," ujar Gus Ipul (Foto: istimewa)
Surabaya - Kopi dan ngopi kini tidak sekadar sebuah minuman melainkan menjadi gaya hidup. Warung kelas kaki lima maupun cafe bintang lima menjamur di beragam kota. Event tentang kopi juga mulai sering dijumpai.

Salah satunya adalah East Java Coffee Show 2017 yang digelar di salah satu mal yang ada di Surabaya dan dibuka oleh Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Sekarang ini, ngopi itu gaya hidup. Orang selalu bilang ayo ngopi, meski yang dipesan es teh," kata Gus Ipul, ketika membuka ajang East Java Coffe Show 2017, Kamis (21/9/2017).

Peminat kopi juga terus meningkat. Tidak hanya dalam negeri, penikmat kopi di seluruh penjuru dunia juga meningkat. Bahkan nilai ekspor kopi dari Jawa Timur terus meningkat. Untuk tahun 2016 yang lalu, tercatat ekspor kopi dari Jawa Timur mencapai USD 200 juta dolar atau sekitar Rp 2,7 triliun.

Kopi Indonesia, saat ini juga tercatat menjadi penyumbang terbesar ketiga setelah Brazil dan Kolombia. Sementara di Indonesia sendiri, Kopi dari Jawa Timur adalah salah satu kopi utama yang digemari industri kopi maupun restoran dan cafe.

"Kami akan terus tingkatkan terutama produk dari para petani, supaya mereka tidak hanya meningkatkan kuantitas tapi juga menjaga kualitas dan cita rasa khas kopi Jawa Timur," kata Gus Ipul.

Majunya industri kopi di Jawa Timur juga tak lepas dari banyak bermunculan barista-barista berkelas dari Jawa Timur. Mereka ini muncul seiring banyaknya bahan kopi berkualitas dari Jawa Timur.

"Surabaya saat ini bahkan memiliki barista yang pernah tercatat menjadi nomor tiga dunia sebagai barista terbaik saat perlombaan di Cina," kata Gus Ipul.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed