DetikNews
Jumat 15 September 2017, 18:07 WIB

DPRD Kabupaten Pasuruan Kembalikan Mobil Operasional

Muhajir Arifin - detikNews
DPRD Kabupaten Pasuruan Kembalikan Mobil Operasional Kantor DPRD Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Puluhan mobil operasional untuk anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dikembalikan ke pemkab. Para anggota dewan akan diberikan tunjangan operasional sebagai ganti kendaraan tersebut.

"Mobil anggota dewan sudah diserahkan ke sekretariat dewan, beberapa bahkan ada yang diserahkan ke Pemkab," kata Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan M Sudiono Fauzan, Jumat (15/9/2017).

Sudiono mengungkapkan, pengembalian mobil dewan itu seiring regulasi baru tentang hak anggota dewan. Sebagai ganti, para anggota dewan akan menerima tunjangan operasional, yang nilainya mencapai Rp 7 juta per bulan.

"Pemerintah daerah mungkin menilai pemberian tunjangan lebih efisien daripada mobil. Karena kalau mobil dinas kan juga butuh BBM, servis, dan lainnya," jelasnya.

Menurut dia, anggaran tunjangan operasional tersebut sudah dimasukkan dalam PKA (perubahan anggaran keuangan) yang baru kita gedok Rabu lalu. "Mungkin mulai oktober tunjangan operasional akan turun," tandasnya.

Rincian mobil operasional DPRD yang dikembalikan antara lain, 4 unit Toyota Kijang Innova untuk ketua komisi, 1 unit Toyota Kijang Innova untuk ketua BK, 1 unit Toyota Kijang Innova untuk Ketua Bapemperda, 4 unit Toyota Rush untuk sekretaris komisi, dan 36 unit Toyota Avanza untuk anggota.

Sementara 1 unit Toyota Camry untuk ketua dewan dan 3 unit Mitsubishi Pajero untuk wakil ketua dewan tak dikembalikan karena mobil jajaran pimpinan tak menerima tunjangan operasional kendaraan. Mobil-mobil tersebut adalah mobil dinas, dan bukan mobil operasional yang sifatnya pinjam pakai.

"Selain itu ada sekitar 4 unit mobil yang belum dikembalikan karena masih dalam proses servis di bengkel atau kendala lainnya. Namun pada akhirnya nanti semua semua akan dikembalikan," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed