DetikNews
Rabu 13 September 2017, 21:11 WIB

8.000 Pemburu Kerja Banjiri Kabupaten Pasuruan Job Fair 2017

Muhajir Arifin - detikNews
8.000 Pemburu Kerja Banjiri Kabupaten Pasuruan Job Fair 2017 Bupati Irsyad Yusuf membuka Pasuruan Job Fair 2017 (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Sebanyak 8.000 pencari kerja membanjiri arena Kabupaten Pasuruan Job Fair 2017. Tak mau melewatkan kesempatan yang ada, sebagian besar mereka membawa 5 hingga 10 berkas lamaran pekerjaan.

Arena job fair di halaman Unit Pelaksana Tehnis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Latihan Kerja Daerah (BLK) Kabupaten Jalan Raya Pasuruan - Probolinggo KM 4, Desa Sambirejo, Kecamatan Rejoso, sudah dipenuhi calon tenaga kerja sejak pagi hari. Mereka datang dari Pasuruan dan kota-kota lainnya di Jatim.

"Disnakertrans Kabupaten Pasuruan menggelar job fair dua kali setahun sebagai ikhtiar memberikan kesempatan pada calon tenaga kerja. Tadi menurut Pak Khasani (Ahmad Khasani, Plt Kadisnaker) ada 8.000 pencari kerja yang sudah datang hari ini, Alhamdulillah," kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf saat membuka acara, Rabu (13/9/2017).

Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad ini mengapresiasi para pencari kerja yang datang dan mendoakan mereka mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ia juga mengapresiasi Apindo, serikat pekerja, perusahaan yang membuka lowongan kerja.
Peminat datang dari Pasuruan dan kota-kota lainnya di JatimPeminat datang dari Pasuruan dan kota-kota lainnya di Jatim (Foto: Muhajir Arifin)
"Semoga kita bersama terus bisa memberikan kesempatan kerja bagi warga Kabupaten Pasuruan khususnya dan warga daerah lain yang mengakses kegiatan ini," terangnya.

Pantauan detikcom, ribuan pencari kerja yang datang tampak sangat sibuk. Sebagian diantaranya mengerumuni papan pengumuman yang berisi informasi lowongan dan perusahaan, sedangkan lainnya memenuhi stan-stan perusahaan.

Sebagian lagi tampak mengisi form lamaran kerja sambil berteduh di teras-teras gedung yang ada di BLK. Sementara banyak juga yang hilir mudik, keluar masuk arena job fair, bahkan banyak yang menunggu di tepi jalan raya. Selain lulusan SMK sederajat, para pencari kerja juga banyak yang lulusan sarjana.

Fitria Hidayati (22), pencari kerja lulusan SI Biologi Unesa Surabaya, mengungkapkan harapannya agar bisa diterima sebagai account manager di salah satu perusahaan. Perempuan asal Desa Kemirisewu, Kecamatan Pandaan, ini juga menyodorkan lamaran untuk beberapa lowongan lainnya.

Marta, pencari kerja asal Kejayan, mengungkapkan ia membawa sejumlah lamaran pekerjaan dalam kesempatan tersebut. "Saya berharap bisa diterima di salah satu perusahaan," ujarnya.

Haparan besar juga dibawa Eka Wahyu Fitiria (19), pencari kerja asal Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan. Membawa 10 lamaran pekerjaan yang sudah disiapkannya dari rumah, lulusan SMK PGRI Pandaan ini berharap bisa bekerja di salah satu perusahaan di kawasan PIER.

"Saya sudah dua kali ini ikut job fair. Mudah-mudahan tahun ini diterima," harapnya.

Job fair ini digelar dua hari mulai 13-14 September. Diperkirakan 12.000 pencari kerja dari berbagai daerah akan memanfaatkan 4.540 lowongan kerja yang disediakan dari 40 perusahaan yang ada di Pasuruan.
Sebagian pencari kerja tampak mengisi form lamaranSebagian pencari kerja tampak mengisi form lamaran (Foto: Muhajir Arifin)

(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed