DetikNews
Senin 11 September 2017, 18:22 WIB

Budiharto, Pembakar Rumah Orang Tua Dikirim Ke Poli Jiwa

Adhar Muttaqin - detikNews
Budiharto, Pembakar Rumah Orang Tua Dikirim Ke Poli Jiwa Yahdi (baju putih), orang tua Budiharto/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Pemerintah Desa Kerjo, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek mengirimkan pelaku pembakaran rumah orang tuanya sendiri, Budiharto ke Poli Jiwa Puskesmas Karanganyar.

"Yang bersangkutan kami rujuk ke Puskesmas tadi malam, agar mendapatkan perawatan kejiwaan yang memadai, infonya sekarang sudah mulai stabil," kata Kepala Desa Kerjo, Rebo, Senin (11/9/2017) .

Menurutnya, Budi mengalami gangguan jiwa sejak bercerai dengan istrinya. Pelaku kerap mengamuk dan merusak rumah orang tua maupun tetangga.

"Sebelum membakar rumah itu dia sempat memecahkan kaca rumah yang ada di depan. Kemudian amukannya semakin menjadi-jadi hingga kebakaran itu," ujarnya.

Baca juga: Diduga Gangguan Jiwa Kambuh, Warga Trenggalek Bakar Rumah Orang Tua

Sementara itu orang tua Budi, Yahdi menjelaskan, aksi pembakaran rumah yang dilakukan anaknya dipicu oleh hal sepele. Menurutnya ia sempat menegur Budi agar tidak menggunting surat-surat penting miliknya.

"Saya sempat bilang lo lo lo jangan itu yang digunting, yang ini saja. Hanya begitu dua sudah marah, dari dulu dia memang sensitif dengan saya," katanya.

Menurutnya, kebakaran rumahnya terjadi saat ia tinggal ke kandang ternak untuk melakukan pembenahan, sedangkan istrinya sedang mencari rumput.

"Sebelumnya dia mengamuk di dalam rumah suaranya sudah gak karuan, kemudian tiba-tiba sudah muncul api besar," ujar Yahdi.

Yahdi mengaku usai melakukan pembakaran rumah, anaknya duduk santai di tempat gamelan yabg ada di dekat rumahnya.

Akibat kebakaran tersebut sebagian besar rumah korban hangus dan hanya tersisa ruang tamu dan satu kamar. Namun untuk sementara Yahdi dan istrinya mengungsi ke rumah saudara karena masih mengalami syok.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed