DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 11:52 WIB

10 Ribu Peserta Gowes Nasional Penuhi Jalanan di Blitar

Erliana Riady - detikNews
10 Ribu Peserta Gowes Nasional Penuhi Jalanan di Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar - Sepuluh ribu peserta Gowes Nasional memenuhi jalan raya Kanigoro Kabupaten Blitar, Minggu (13/7/2017). Uniknya, mereka naik sepeda Onthel atau sepeda dan memakai pakaian jadoel (kuno).

Ribuan peserta sudah memadati Jl Raya Kanigoro, tepat di depan Kantor Pemkab Blitar yang baru. Dalam kesempatan ini, hadir Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Walikota dan Bupati Blitar untuk memberangkatkan peserta.

"Ini merupakan suata kegiatan yang dapat di ikuti oleh semua lapisan masyarakat di nusantara Kegiatan ini juga dapar dijadikan kampanye masalah kuliner atau aneka kebudayaan," kata Gus Ipul dalam sambutannya sesaat sebelum Gowes Nusantara memulai start.

Gus Ipul menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta gowes nusantara. Gowes atau sepedahan adalah olahraga yang paling menyehatka, murah untuk semua kalangan baik kalangan tua, muda dan anak-anak.

Kegiatan gowes nusantara ini sifatnya nusantara. Dan Kabupaten Blitar merupakan satu diantara daerah yang kaya akan budaya. Diakhir sambutannya, orang nomor dua di Provinsi Jawa Timur menegaskan acara ini untuk membuat bangsa sehat, bangsa maju.

Antusias peserta tampak dari beragam baju kuno yang dipakai peserta. Ada yang memakai beskap dan blangkon, ada juga yang memakai baju adat Madura dan baju kolonial zaman penjajahan. Seperti yang tampak dikenakan Walikota Blitar, Moch Samanhudi Anwar dengan kombinasi baju adat Madura. Sedangkan Bupati Blitar, Rijanto dengan baju kolonialnya.

Dalam sambutannya, Rijanto berharap ajang olah raga skala nasional ini bisa mengangkat potensi Blitar ke seluruh nusantara.

"Saya sangat bangga pagi ini sudah ada Wakil Gubernur Jatim yang hadir di Blitar. Acara pagi ini untuk menyongsong event gowes yang diselenggarakan Menpora. Apa yang kita laksakan adalah wisata untuk menikmati keindahan yang ada di Kabupaten Blitar. Semoga Blitar makin kawentar (terkenal) di seluruh Nusantara," kata Rijanto.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed