DetikNews
Jumat 11 Agustus 2017, 10:34 WIB

Ratusan Pelajar di Kota Blitar Belajar Pajak Bertutur

Erliana Riady - detikNews
Ratusan Pelajar di Kota Blitar Belajar Pajak Bertutur Foto: Erliana Riady
Blitar - Pelajar SMA di Kota Blitar tampak antusias mengikuti acara Pajak Bertutur. Event yang serentak di seluruh Indonesia ini dilaksanakan di Aula SMAN 4. Dengan mengusung konsep edutainment, acara ini berhasil menarik perhatian para pelajar yang mewakili sekolahnya masing-masing.

Selain pengisi materi sengaja dipilih yang performancenya menarik, sajian materi yang diberikan terkesan tidak membosankan. Pantauan detikcom, usai dibuka pukul 09.00 wib, anak-anak muda langsung digebrak dengan game. Masing-masing sekolah diwakili 5 pelajar menata puzzle terkait pajak.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab interaktif tentang pajak. Ternyata belum semua pelajar SMA paham saat ditanya pajak.

"Pajak itu menyetorkan uang ke bank untuk diserahkan negara. Kalau nabung setor tapi untuk diri kita sendiri. Lainnya apa ya," jawab siswa kelas 2 SMKN 1 Kota Blitar, Moch Daud Afandi (17) di sela acara, Jumat (11/8/2017).

Hal senada diungkapkan siswa kelas 2 SMAN 4 Kota Blitar, Gitta Putri (17). Dia berpendapat jika pajak itu hanya disuruh bayar rumah dan kendaraan biar aman di jalan.
Pelajar di Blitar belajar pajak bertutur/Pelajar di Blitar belajar pajak bertutur/ Foto: Erliana Riady

"Membayar biaya rumah dan kendaraan yang merupakan milik negara biar aman kalau di jalan. Khan kalau gak bayar STNK itu bisa ditilang polisi," katanya.

Sementara itu teriakan dan gelak tawa terdengar di gedung aula. Para pelajar dari empat sekolah SMA satu per satu menjawab pertanyaan dari pemateri.

"Dapat hadiah, seneng acaranya tidak membosankan," tutur Alfia Rini, siswa SMAN 2.

Sementara Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Blitar, Edi Santoso mengaku pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota dan Kab Blitar untuk mensukseskan acara ini.

"Kita kerjasama dengan Dinas Pendidikan di Blitar. Serentak ada tiga lokasi untuk event Pajak Bertutur ini. Target audiencenya 350 siswa," jelas Edi.

Sedangkan di SDN Karangtengah I diikuti 40 pelajar. Di SMPN 2 Kota Jl Melati diikuti 60 pelajar dan di SMAN 4 Kota Blitar dengan peserta 200 pelajar.

Menurut Edi, dengan Pajak Bertutur ini diharapkan siswa SD dan SMP memahami pajak dan mengetahui pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara. "Untuk siswa SMA minimal mereka paham bahwa pajak itu tulang punggung pembangunan. Mereka minimal tahu bahwa pajak ini untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat Indonesia," papar Edi.

"Pajak itu ternyata kewajiban warga negara, bisa dikatakan wujud cinta tanah air juga. Sekarang jadi lebih tahu apa saja yang merupakan pajak," ungkap siswa SMAN 1 Kota Blitar, Bagus Kartiko Aji (16) ditemui usai acara.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed