Sejak Dikarantina, Perilaku Anjing Penggigit Ramiza Lebih Banyak Diam

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 09 Agu 2017 12:34 WIB
Foto: Muhammad Aminudin/File
Malang - Sapi, anjing yang diklaim jenis bully classic asal Ras Pit, kini telah menjalani karantina, di rumah salah satu pecinta komunitas pitbull di Jalan Irian Jaya, Kota Malang.

Karantina berlangsung selama 14 hari kedepan, terhitung dari pengambilan sampel darah 7 Agustus 2017 lalu. Terhitung 2 hari, Sapi atau Julius Caesar nama kontesnya sudah banyak menunjukkan perubahan.

Anjing berjenis kelamin laki-laki ini cenderung banyak berdiam diri di dalam kandang. Normalnya, anjing dari Ras Pit cenderung aktif dan selalu mengonggong bila melihat kehadiran orang.

"Ini banyak diamnya, beda dengan yang lain. Semestinya tidak begitu," kata Hariono (56), pemilik rumah yang juga sesepuh pecinta pitbull di Kota Malang ini.

Hariono menunjukkan gelagat tak wajar Sapi dengan mencoba mendekati dan mengajaknya bicara. Saat ditanya "Kemana Sasa (panggilan Ramiza),". Sapi menunjukkan wajah murung dan bersedih.

Hariono pun memperlihatkan kesedihan Sapi yang tampak dari bola matanya berkaca-kaca. "Ini matanya berkaca-kaca, ketika ditanya Sasa, jelas dia (Sapi) bersedih. Anjing jenis ini bisa mengerti dengan omongan orang yang mengajaknya bicara," beber Hariono ditemui di rumahnya, Rabu (9/8/2017).

Kesedihan Sapi tampak dengan keluarnya air mata saat disebut nama korban. "Dia sedih dan menangis," ujar Hariono.

Di rumah Hariono, selain Sapi, ada beberapa ekor anjing pitbull lain. Wisnu (36), ayah Ramiza dulu juga pernah menitipkan Sapi di tempat ini untuk dirawat. "Iya baru setahun ini dibawa pulang, setelah punya kandang. Anjing jenis ini memang harus dimasukkan kandang atau dirantai," terangnya.

Menurut Hariono, pitbull sangat mudah berinteraksi dengan orang, asal pemilik atau orang yang merawatnya sering mengajaknya berbicara, menunjukkan rasa kasih sayang.

"Anjing jenis ini sangat mengerti apa yang dikatakan kepadanya. Rasa kasih harus selalu ditunjukkan, jika tidak, anjing ini juga memiliki rasa pendendam, pernah disakiti akan selalu diingat dan tidak akan mungkin bisa hilang," bebernya.

Hariono menyakini, Sapi akan secepatnya pulih jika mendapatkan perawatan yang baik. Dirinya rela mengasuh jika memang keluarga tidak lagi diperbolehkan merawat. (fat/fat)