Mobil Patroli Polisi Kecoh Pengendara di Tuban Ada di Empat Titik

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 11:56 WIB
Foto: Istimewa
Tuban - Mobil sedan polisi identik warna putih, biru dan strip merah ini dbersembunyi di balik semak-semak Jalan Raya Tuban-Lamongan. Mobil itu bukan mobil sungguhan. Mobil polisi palsu itu keberadaannya sengaja diletakkan di lokasi tersebut dengan alasan mengurangi pelanggaran.

"Jalanan di sekitar Tuban-Lamongan rawan pelanggaran dan seringkali terjadi kecelakaan," kata Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad saat dihubungi detikcom, Selasa (25/7/2017).

Kapolres Fadly menyebutkan, ada empat mobil polisi palsu terbuat dari triplek. Masing-masing ada dua buah yakni di Widang dan Jenu. "Kami mempunyai empat mobil polisi itu, masing-masing dua di Widang dan Jenu," tambahnya.

Baca Juga: Mobil Patroli Polisi ini Kecoh Pengendara di Jalur Lamongan-Tuban

Empat mobil itu, jelas dia, diletakkan di kawasan Compreng dan Kepet yang mengarah ke Lamongan. Sementara di Jenu, mobil itu ada di kawasan Jatipeteng dan Bulu yang mengarah ke Semarang.

Fadly mengakui bahwa mobil polisi palsu itu memang efektif mencegah angka kecelakaan. Hampir setiap hari di kawasan tersebut terjadi kecelakaan baik roda dua maupun roda empat. Kondisi jalan yang lurus, halus dan cukup sepi adalah alasannya. Dengan kondisi jalan seperti itu, pengguna jalan cenderung memacu kendaraannya di atas rata-rata.

"Dari sebelumnya 78 kejadian, berkurang menjadi 54 kejadian," tambah Fadly.

Baca Juga: Mobil Patroli Polisi di Tuban Kecoh Pengendara, Dari Mana Idenya?

Fadly menambahkan bahwa pemasangan mobik triplek ini sudah dilakukan cukup lama yakni sebelum lebaran. Dan memang tujuan utamanya saat itu adalah mengurangi angka kecelakaan pada arus mudik dan balik. Tetapi ternyata kegunaan mobil palsu ini masih dan terus efektif hingga kini. (iwd/fat)