Mobil Patroli Polisi di Tuban Kecoh Pengendara, Dari Mana Idenya?

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 11:20 WIB
Foto: Istimewa
Tuban - Berbagai cara dilakukan petugas kepolisian menekan angka kecelakaan karena ugal-ugalan di jalan. Seperti inovasi unik yang dilakukan Polres Tuban. Dengan memasang mobil polisi palsu yang terbuat dari triplek, berdampak pada pengguna jalan di jalur Tuban-Lamongan.

Aksi ini menjadi viral di media sosial. Lalu dari mana ide mobil palsu itu berasal? Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad mengatakan awalnya di kawasan tersebut akan dipasang banner imbauan. Tetapi Fadly merasa bahwa pemasangan banner sudah terlalu sering dan terlalu umum.

"Kemudian saya ada ide membuat model yang menyerupai mobil polisi beneran. Dengan melihat mobil polisi, maka pengguna jalan serasa akan melihat polisi dan akan melambatkan kendaraannya," kata kapolres kepada detikcom saat dihubungi, Selasa (25/7/207).

Baca Juga: Mobil Patroli Polisi ini Kecoh Pengendara di Jalur Lamongan-Tuban

Mobil patroli berwarna putih tersebut memang dibuat dengan skala 1:1 atau persis sama dengan ukuran sebenarnya. Peletakan mobil palsu itupun disesuaikan dengan angle atau sudut pandang pengguna jalan sehingga akan terlihat bahwa itu adalah mobil polisi betulan.

Aksi Polres Tuban ini menjadi viral dan mendapat merespons positif. Rupanya, pengguna jalan banyak yang kaget dan terkecoh saat melihat mobil patroli polisi itu diletakkan di semak-semak. (fat/fat)