DetikNews
Sabtu 24 Juni 2017, 15:30 WIB

Kecelakaan Tewaskan 6 Orang di Probolinggo, Polisi Gelar Olah TKP

M Rofiq - detikNews
Kecelakaan Tewaskan 6 Orang di Probolinggo, Polisi Gelar Olah TKP Olah TKP di Jalan Raya Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Ditlantas Polda Jatim langsung melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan bus pemudik vs Toyota Avanza yang menewaskan 6 orang di Probolinggo, Sabtu (24/6/2017).

Olah TKP menggunakan sistim Trafick Acvident Analist, dengan mobil angkutan dilengkapi sistem TAA, yakni alat berupa sensor untuk menggambarkan kejadian kecelakaan tersebut.

Alat itu digunakan mengukur kecepatan dan kuatnya benturan antara bus yang ditumpangi rombongan pemudik dari Bali dengan tujuan Blitar dan Tulungagung dengan Nopol Nopol AA 1428 ED versus mobil Avanza Nopol N 590 NQ yang ditumpangi 7 orang plus sang sopir.

Dugaan sementara, penyebab kecelakaan ini adalah human error. Sopir Avanza yang diketahui bernama Zainul Anwar, mengantuk hingga mobil oleng ke arah kanan dan menerjang bus yang datang dari arah berlawanan.

Menurut Kasi Laka Ditlantas Polda Jatim Kompol Dadang Kurnia, polisi masih mendalami posisi pasti kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan.

"Kita menurunkan tim TAA, kita kumpulkan data-data, untuk melihat kebenaran kejadian kecelakaan ini, kita mencari hasil yang akurat," ujar Kompol Dadang di lokasi, Jalan Raya Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu.

Hasil olah TKP melalui alat Traffic Analisis Acciden baru akan diketahui selama dua hari mendatang dan tingkat keakuratannya 90 persen.

Enam korban tewas akibat kecelakaan terjadi di Jalan Raya Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Sabtu (24/6/2017) dinihari adalah penumpang dan sopir Avanza.

Mereka adalah: Adelia (4), Sapari Tresno (72), Intan Nuraini (11), ketiganya asal Desa Bago Kecamatan Besuk, Probolinggo, Amelia (6) dan Ely (23), keduanya berasal dari Klaten Jawa Tengah, serta sang sopir Zainul Anwar (28). Sedangkan 1 penumpang Avanza nama Zulkifli (19) mengalami luka kritis.
(ugik/ugik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed