DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 14:36 WIB

Jelang Mudik, Ini yang Disiapkan Polres Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Jelang Mudik, Ini yang Disiapkan Polres Trenggalek Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Polres Trenggalek menyiapkan 512 personel gabungan dan enam posko untuk pengamanan mudik 2017. Polisi juga mengamankan sejumlah wisata yang menjadi tujuan pemudik.

Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman mengatakan, ratusan personel gabungan tersebut terdiri dari Polisi, TNI, Dinas Kesehaan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Orari serta beberapa instansi terkait.

"Dalam Operasi Rahmadniya 2017 ini, khusus untuk kepolisian jumlah personil yang kami turunkan mencapai 2/3 dari kekuatan polres, sedangkan sepertiga menjadi cadangan. Operasi ini akan dilaksanakan selama 16 hari," kata Kapolres Donny, Senin (19/6/2019).

Menurutnya, dalam pengamanan nantinya pihaknya menyiapkan enam posko. Terdiri dari tiga pos pengamanan di Alun-Alun Trenggalek, Jarakan, Durenan, dua pos pelayanan di Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Panggul serta satu pos pantau di Terminal Surodakan.

Donny menjelaskan, dalam mudik 2017 Trenggalek menjadi daerah tujuan mudik, sehingga fokus pengamanan tidak hanya dilakukan di jalan raya, melainkan juga di perkampungan serta sejumlah obyek wisata.

Terlebih lagi sejumlah wisata pantai di Trenggalek mejadi favorit para wisatawan dari Trenggalek maupun daerah sekitarnya. Seperti Tulungagung, Kediri, Ponorogo, Madiun maupun Nganjuk.

"Seluruhnya menjadi perhatian kami, termasuk keselamatan pengguna jalan, kelancaran arus mudik maupun balik. Kalau kami hanya fokus di jalan kemudian di perumahan lupa, maka akan memicu tindakan yang tidak diinginkan," ujarnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Polres Trenggalek ini memastikan, kondisi ruas jalan yang digunakan untuk mudik 2017 telah siap digunakan. Sejumlah ruas jalan nasional yang sebelumnya mengalami kerusakan parah, seperti di Ngetal, Bendorejo, serta Kedungsigit telah dilakukan perbaikan.

"Untuk jalur yang baru diperbaiki tersebut saat juga sudah dilengkapi dengan marka jalan, selain itu instansi terkait juga telah melengkapi dengan penerangan," imbuhnya.

Kapolres menambahkan, perayaan lebaran di Trenggalek berbeda dengan daerah lain, karena keramaian justru akan mencapai puncaknya pada H+7 lebaran atau bertepatan dengan lebaran ketupat.

Pada perayaan ketupat, terdapat dua wilayah yang menjadi konsentrasi massa, yakni di Kecamatan Durenan serta Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek. "Kami sudah melakukan analisa dari operasi tahun 2016, kemungkinan memang ada perubahan pengamanan, kami akan fokus pada titik konsentrasi kegiatan warga," kata Donny.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed