DetikNews
Selasa 13 Juni 2017, 13:48 WIB

Lebaran, 33 Puskesmas dan Dokter di Lamongan Disiagakan

Eko Sudjarwo - detikNews
Lebaran, 33 Puskesmas dan Dokter di Lamongan Disiagakan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Selama cuti lebaran tahun ini, seluruh dokter dan perawat yang tersebar di 33 puskesmas di Lamongan tetap siaga dan memberikan pelayanan. Kesiagaan para dokter dan perawat ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) selama cuti lebaran. Seperti kecelakaan lalu lintas, keracunan atau kejadian lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, Taufik Hidayat mengatakan, kesiapsiagaan para dokter dan perawat ini diperlukan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran kali ini. Sehingga ketika ada kejadian luar biasa, mereka bisa segera mengatasinya.

"Kesiapsiagaan ini diperlukan menghadapi arus mudik dan arus balik tahun ini," kata Kadinkes Taufiq Hidayat kepada wartawan di kantornya, Selasa (13/6/2017).

Dari 33 puskesmas yang ada di Lamongan, sudah memiliki fasilitas Unit Gawat Darurat dan mobil ambulans yang semuanya siap untuk digunakan selama mudik dan arus balik. 32 Puskesmas sudah memiliki ruang rawat inap dan 1 Puskesmas dengan fasilitas rawat jalan.

"Dengan 33 Puskesmas ini, kami berharap agar pemudik atau masyarakat yang akan berobat bisa tetap dilayani meski saat cuti lebaran," akunya.

Taufik mengatakan, selain membuka 33 Puskesmas dan menyiagakan tenaga medis, pihaknya juga akan membuat posko pelayanan kesehatan yang akan didirikan di pos pantau lebaran. Para petugas medis di pos pantau ini akan dilengkapi dengan obat-obatan. "Pos pantau ini akan kami gelar bersama dengan petugas kepolisian," tuturnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed