Tekan Inflasi Jelang Ramadan, Bupati Anas Gelar Rakor di Pantai

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 23 Mei 2017 19:49 WIB
Bupati Anas Memimpin Rapat Koordinasi/Foto: Ardian Fanani
Bupati Anas Memimpin Rapat Koordinasi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Menjelang Ramadan 1438 H, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pantai Solong, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kalipuro, Selasa (23/5/2017). Rakor digelar mengantisipasi inflasi pada bulan Ramadan dan Lebaran 2017.

"Kita fokus ke stabilitas harga menjelang ramadan. Disperindag sudah kita instruksikan turun mengecek stok dan harga kebutuhan pangan di Banyuwangi. Alhamdulillah stabil," ujar Bupati Anas, usai digelarnya rakor di pinggir pantai ini.

Anas mencontohkan di daerah lain bergejolak tentang kenaikan harga bawang merah dan bawang putih. Namun di Banyuwangi meski naik, tapi tak sampai berpengaruh terhadap inflasi. Meski begitu, Anas meminta kepada SKPD Banyuwangi untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mengurangi konsumsi makanan yang menimbulkan inflasi.

"Salah satunya adalah cabai. Ya hendaknya dikurangi saat ramadan nanti sakit perut. Sosialisasi dilakukan di khotbah masjid dan lewat camat saat sambutan. Daging juga diharapkan masyarakat bisa beralih ke ikan laut dan tawar," tambahnya.

Selain itu, untuk menekan inflasi di Ramadan mendatang, tambah Anas, adalah gencarnya digelar operasi pasar. Pemkab Banyuwangi juga menggandeng Bulog Banyuwangi yang saat ini terus juga melakukan operasi pasar murah di beberapa titik di Banyuwangi.

"Kuncinya satu masyarakat jangan khawatir. Stok banyak. Yang mengkhawatirkan saat Ramadan nanti. Kenaikan harga bisa tak terelakkan. Makanya kita antisipasi agar harga tak melambung tinggi," tambahnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi di Kabupaten Banyuwangi Januari-Maret 2017 mencapai 0,81 persen. Angka ini kembali menjadi terendah se-Jawa Timur. Inflasi Banyuwangi ini juga di bawah rata-rata nasional sebesar 1,19 persen periode yang sama.

Selain inflasi, fokus rakor tersebut adalah optimasilasi pelayanan publik di tingkat Desa. Anas meminta agar pengembangan dan pembangunan smart kampung di seluruh Banyuwangi segera diselesaikan. Ini akan memotong mata rantai kebijakan publik dari desa ke kota.

"Fokus kepada kependudukan, pendidikan dan infrastruktur juga kita lakukan untuk peningkatan pelayanan," pungkasnya. (bdh/bdh)