DetikNews
Senin 08 Mei 2017, 17:25 WIB

Bupati Anas Pantau Hari Terakhir Pelaksanaan UNBK SLTP

Putri Akmal - detikNews
Bupati Anas Pantau Hari Terakhir Pelaksanaan UNBK SLTP Foto: Putri Akmal
Banyuwangi - Hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SLTP di Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas mendadak melakukan kunjungan ke salah satu sekolah SLTP.

Dalam kunjungan ke SLTPN 1 Banyuwangi, Anas mengaku puas dengan pelaksanaan UNBK. Terlebih masing-masing sekolah mampu memberikan antisipasi kendala listrik dan sambungan internet. Semisal, tiap sekolah memback up dengan menyiapkan genset dan server besar dan berbagi koneksi internet dengan hotspot Wi-Fi.

"Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti. Saat ditanya adakah kesulitan dalam mengerjakan soal dengan komputer, mereka menjawab tak ada," kata Anas saat meninjau pelaksanaan UNBK hari terakhir di SMPN 1 Banyuwangi, Senin (8/5/2017) sore.

Di Banyuwangi, total siswa SMP/MTs negeri/swasta di Banyuwangi yang mengikuti ujian nasional ada 24.391 siswa. Dari jumlah itu, 16.666 siswa yang melaksanakan UNBK, sisanya yang 7.725 melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Untuk UNBK dibagi tiga sesi, sesi pertama Sesi pertama berlangsung pukul 08.00-10.00 WIB. Sesi kedua pukul 11.00-13.00 WIB dan sesi ketiga pukul 14.00-16.00 WIB. Sedangkan untuk UNKP hanya satu sesi saja saat pagi hari.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Sulihtiyono, menambahkan, sekolah yang belum menyelenggarakan UNBK rata-rata adalah sekolah yang berada di wilayah pelosok pedesaan. Selain tidak memiliki sarana dan fasilitas komputer, lokasi mereka juga jauh dari sekolah yang menyediakan fasilitas komputer.

"Targetnya, tahun depan semua sekolah tingkat SMP wajib menyelenggarakan UNBK. Mulai tahun ini pemerintah akan memberikan bantuan kepada sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer, termasuk akan melatih tenaga operator," pungkas Sulihtiyono.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed