DetikNews
Jumat 24 Maret 2017, 14:15 WIB

Ini Inovasi Baru dari Pemkab Banyuwangi untuk Warganya

Putri Akmal - detikNews
Ini Inovasi Baru dari Pemkab Banyuwangi untuk Warganya Bupati Anas menandatangani MoU dengan PT Pos/Foto: Putri Akmal
Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi menggandeng PT Pos Indonesia untuk layanan antar obat ke rumah pasien. Layanan antar obat ini berlaku di 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyuwangi. Yaitu, RSUD Blambangan dan RSUD Genteng.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, setelah penerbitan Surat Pernyataan Miskin (SPM) untuk mendapat layanan kesehatan gratis, layanan antar obat menjadi pelengkap layanan kesehatan secara umum. Pasien yang usai berobat tak perlu berlama lama menunggu antrean penerimaan obat dan cukup tunggu di rumah saja.

"Pasien yang usai berobat dan ingin segera pulang, bisa langsung meminta layanan obat antar rumah. Cukup tunggu di rumah saja, pelayanan antar ini akan dilakukan oleh PT Pos setiap hari," ujar Anas, Jumat (23/3/2017).

Tak hanya layanan antar obat saja, kerja sama yang dijalin dengan PT Pos ini juga meliputi bidang lain. Di antaranya, pelayanan antar surat perizinan usaha dan pengiriman akta kelahiran.

"Surat izin badan usaha yang telah jadi akan langsung dikirim ke alamat pemohon. Sebelumnya, PT Pos ini juga mendukung program Lahir Procot Pulang Bawa Akta. Akta kelahiran yang telah diterbitkan pemkab, akan langsung diantar ke rumah warga," terang Anas.

Direktur RSUD Blambangan dr Taufik Hidayat, Sp.And menambahkan, layanan antar obat ini dikhususkan untuk pasien yang telah menjalani perawatan rutin. Yaitu pasien yang sudah rutin mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Jika pasien baru harus tetap diberikan langsung lantaran pasien perlu konsultasi terlebih dahulu dengan apoteker yang bertugas.

"Kalau obat untuk pasien baru harus tetap diberikan langsung, karena mereka harus konsultasi dengan apotekernya. Nah, kalau sudah rutin, baru pasien bisa memanfaatkan layanan ini," jelas dia.

Kepala Kantor Pos Banyuwangi IGN Alit Suryawan, mengatakan, pihaknya bangga bisa bersinergi dengan program-program Pemkab. Menurutnya ini merupakan terobosan dan inovasi untuk saling mendukung pelayanan kepada masyarakat.

"Kami bekerja terus tak kenal cuaca terik atau hujan. Sehingga tidak ada kata terlambat untuk penerimaan paket atau berkas," pungkas Alit.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed