DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 10:14 WIB

Akses Jalur Wisata Air Terjun Madakaripura Lumpuh Tertutup Longsor

M Rofiq - detikNews
Akses Jalur Wisata Air Terjun Madakaripura Lumpuh Tertutup Longsor Foto: M Rofiq
Probolinggo - Longsor kembali terjadi dan menutup akses jalur wisata air terjun Madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Longsor setinggi 4 meter terjadi setelah diguyur hujan deras sejak malam hari. Lokasi longsor terjadi sekitar 1 Km setelah patung Gajah Mada atau area parkir pengunjung.

Sejumlah wisatawan lokal dan asing terjebak longsor usai menikmati air terjun, terpaksa harus melewati tumpukan tanah tersebut.

Camat Lumbang Bambang Hari Wahyudi mengaku longsor menutup jalan utama menuju ke air terjun, tepatnya sekitar 3 Km sebelum air terjun.

"Kami sudah melaporkan peristiwa longor ini ke BPBD Kabupaten Probolinggo. Longsor menutupi jalan sepanjang 25 meter dengan tinggi sekitar 4 meter. Bagi wisatawan yang terjebak sudah dievakuasi," ujar Bambang di lokasi, Selasa (21/3/2017).

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Nanang Trijoko Suhartono mengatakan timnya sudah bergerak cepat mengevakuasi longsor. Pihak BPBD juga melakukan pembersihan.

"Kita masih tinjau ke lokasi, seperti apa longsor setinggi 4 meter itu. Kalau memungkinkan nanti kami lakukan pembersihan longsor memakai alat berat, kita lihat situasi dulu," kata Nanang.

Pihak BPBD, jelas Nanang, sudah berkoordinasi dengan PU setempat, untuk meluncurkan alat berat ke lokasi. Karena kondisi longsor sendoro cukup panjang dan harus dilakukan evakuasi memakai alat berat.

"Tapi jika tidak memungkinkan, pembersihan dilakukan secara manual saja secara bergotong royong," tutur Nanang.

Tim reaksi capat (TRC) dari BPBD segera bergerak melakukan pembersihan hari ini juga. BPBD mengimbau masyarakat waspada kondisi di lingkungannya, utamanya di daerah yang rawan terjadi longsor.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed