DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 15:48 WIB

Rokok Tanpa Pita Cukai Senilai Rp 145 Juta Dimusnahkan Bea Cukai

Ahmad Rahman - detikNews
Rokok Tanpa Pita Cukai Senilai Rp 145 Juta Dimusnahkan Bea Cukai Foto: Ahmad Rahman
Sumenep - Ratusan ribu batang rokok tanpa pita cukai atau ilegal dimusnahkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Madura.

Pemusnahan rokok berbagai merk senilai Rp 145.820.000, ini dilakukan di halaman belakang KPPBC di Jl. Pelabuhan Kalianget, Sumenep, yang disaksikan pengusaha, kapolsek kasatpolair pelabuhan dan camat Kalianget.

"Rokok yang kita musnahkan ini hasil penindakan semester 2 tahun 2016," kata Kepala Kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai (KPPBC), Solehodin kepada wartawan di lokasi, Senin (20/3/2017).
Pemusnahan rokok tanpa pita cukai dari berbagai merkPemusnahan rokok tanpa pita cukai dari berbagai merk Foto: Ahmad Rahman

Dia menjelaskan, potensi kerugian negara yang ditimbulkan dari pelanggaran peredaran rokok ilegal sebesar Rp 152.415.120. Selama ini Bea Cukai Madura hanya melakukan penindakan di wilayah daratan atas informasi dan kerjasama masyarakat. Sementara wilayah kepulauan belum tersentuh karena terbatasnya personel yang dimiliki.

"Sementara di daratan saja karena tenaga kita sedikit, jelas Solehodin.

Maraknya peredaran rokok tanpa cukai di Madura diduga banyak tembakau hasil petani yang tidak terbeli. Sehingga para petani banyak yang membuat pabrik rokok rumahan sendiri dan hasil produksinya dijual secara sembunyi di pelosok-pelosok pedesaan.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +