DetikNews
Minggu 12 Mar 2017, 15:44 WIB

Lelang Kaos 'Gus Ipul' untuk Disumbangkan ke Tim Sapu Angin

Rois Jajeli - detikNews
Lelang Kaos Gus Ipul untuk Disumbangkan ke Tim Sapu Angin Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya menggelar kegiatan lelang kaos yang ditanda tangani para pejabat dan eks pejabat. Termasuk mengundang Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf untuk membubuhkan tanda tangannya ke kaos yang dilelang.

Hasil lelang tersebut, disumbangkan ke Tim Sapu Angin ITS yang akan bertanding di acara Shell Eco Marathon Asia 2017 di Singapura pada bulan ini.

Kaos warna merah dan putih motif garis hitam yang ada gambar mobil sapu angin EVO XI dibubuhi tanda tangan Saifullah Yusuf, dilengkapi dengan 12/3/2017.

Pembawa acara Brigita Manohara memandu lelang kaos yang ada tanda tangannya Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul, dengan pembukaan harga Rp 10 juta. Kemudian undangan yang hadir di peluncuran Sapu Angin XI Evo 1 di Frontage Road sisi barat Jalan A Yani, Surabaya, saling bersahutan menawar kaos tersebut dengan harga Rp 15 juta, Rp 19 juta, Rp 20 juta, Rp 25 juta, Rp 30 juta dan terakhir Rp 40 juta.

Undangan yang hadir di lelang dan berhasil membeli kaos Gus Ipul sebesar Rp 40 juta adalah David Jethrokusumo, salah satu direksi Adi Putro. David pun mendapatkan kesempatan berfoto bersama dengan alumni ITS yang pernah menjadi 'orang penting' seperti M Nuh mantan Rektor ITS dan pernah menjadi menteri Kominfo dan Menteri Pendidikan Nasional. Juga Ketua Alumni ITS Dwi Soetjipto yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) tahun 2013-2014 dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) 2014-2017.
Lelang kaos tanda tangan Wagub Jatim Gus IpulLelang kaos tanda tangan Wagub Jatim Gus Ipul Foto: Rois Jajeli

"Wow, kaosnya terjual Rp 40 juta gus," kata Brigita.

Wagub Jatim mengaku terkejut dengan harga kaos yang ada tanda tangannya dan terjual dengan Rp 40 juta.

"Tidak ada harganya tinggi, karena hasilnya ini untuk tim yang akan berlaga di Singapura dan membawa nama baik ITS Surabaya dan bangsa Indonesia," kata Saifullah Yusuf.

Total hasil lelang kaos yang dibubuhi tanda tangan dari 'orang-orang penting' alumni ITS dan Gus Ipul mencapai Rp 139 juta. Sumbangan tersebut juga hasil dari lelang replika bertanda tangan Gus Ipul dan M Nuh yang masing-masing terjual Rp 10 juta.

"Mobil sapu angin ini kan hasil inovasi anak-anak mahasiswa ITS. Mereka perlu support untuk terus melakukan inovasi. Saya berdoa, semoga Sapu Angin ITS bisa menjuarai di Singapura," ujar Wagub Jatim.

Gus Ipul menerangkan, ke depan dibutuhkan inovasi yang terbarukan. Katanya, jika inovasi dari anak-anak mahasiswa ITS ini hasilnya terus diperbaiki dan dipatenkan, pemerintah provinsi Jawa Timur siap membelinya.

"Kalau terus diperbaiki dan dipatenkan. Kemudian diproduksi massal, provinsi (Pemprov Jatim) siap beli," terangnya.
(roi/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed