DetikNews
Senin 06 Mar 2017, 14:16 WIB

Polisi Bagikan Susu ke Siswa saat Operasi Simpatik Semeru

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Polisi Bagikan Susu ke Siswa saat Operasi Simpatik Semeru Foto: Istimewa
Surabaya - Jika ada punishment dalam bentuk tilang untuk pelanggar lalu lintas, maka pasti ada pula reward bagi yang mematuhi lalu lintas. Polsek Gubeng melakukan dengan membagi susu.

Pembagian susu itu dilakukan di pertigaan Jalan Pucang Jajar dan Pucang Anom. Sasarannya, para pengantar siswa yang menggunakan motor. Bila tertib, maka sang siswa berhak mendapatkan susu.
Polisi bagi-bagi susu bagi pengendara tertibPolisi bagi-bagi susu bagi pengendara tertib Foto: Istimewa

"Pembagian susu kepada pengendara tertib ini adalah salah satu bagian dari Operasi Simpatik Semeru 2017," ujar Kapolsek Gubeng Kompol Agus Bahari kepada wartawan, Senin (6/3/2017).

Agus mengatakan, sesuai dengan namanya, cara simpatik yang dilakukan pihaknya adalah membagi susu kepada para siswa. Dengan catatan pengantar dan siswanya mematuhi aturan lalu lintas. Salah satu aturan itu adalah menggunakan helm yang diklik.

Meski remeh, tetapi terkadang penggunaan helm tidak dilakukan. Mungkin saja pengantarnya memakai helm, tapi siswa yang dibonceng tidak. Padahal helm adalah salah satu alat keselamatan berkendara di jalan.

"Indikator tertib lalu lintas yang lain adalah menyalakan lampu dan tidak menerobos jalur," kata Agus.

Meski sasarannya adalah pengantar sekolah, tapi yang menerima susu adalah para siswa. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memberi edukasi lalu lintas yang benar kepada para siswa. Selain susu, turut dibagikan pula brosur tertib lalu lintas.

"Dengan cara simpatik ini kesan angker atau menakutkan polisi di mata anak-anak akan sirna. Dan pembelajaran tertib lalu lintas ini diharapkan bisa mencegah dan meminimalkan angka kecelakaan," tandas Agus.
(iwd/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed