DetikNews
Jumat 24 Februari 2017, 20:02 WIB

Dukung #SuroboyoPedes, Kombes Pol Iqbal Pamerkan Museum Hidup

Rois Jajeli - detikNews
Dukung #SuroboyoPedes, Kombes Pol Iqbal Pamerkan Museum Hidup Foto: Rois Jajeli
Surabaya -

Aksi #suroboyopedes yang digalang komunitas BicaraSurabaya mendapat dukungan dari Kapolrestabes Surabaya. Komunitas ini berencana menanam sejuta benih cabai.

Rencana aksi #suroboyopedes yang digalang komunitas BicaraSurabaya, juga mendapatkan dukungan dari Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal.

"Bagus, kita siap mendukungnya," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal di sela pertemuan dengan panitia aksi #suroboyopedes di ruang kerjanya, Jalan Sikatan, Jumat (24/2/2017).

Dukung #SuroboyoPedes, Kombes Pol Iqbal Pamerkan Museum HidupFoto: Rois Jajeli
Iqbal sangat antusias adanya kegiatan penanaman sejuta benih cabai yang ditanam di lahan di sepanjang sungai Kalimas, pada 1-5 Maret 2017.

Bahkan kapolrestabes mengajak pejabat utamanya seperti Kasat Lantas AKBP Adewira, Kasat Bin mas AKBP Anton, Kasat Intelkam AKBP Sutrisno, Kasubbag Humas Kompol Lili Djafar, untuk ikut mendukung kegiatan penanaman sejuta benih cabai.

"Ini sengaja saya ajak (sambil mengenalkan satu per satu pejabat utama polrestabes), nanti siap all out membantu teman-teman semua," tuturnya.

Dukung #SuroboyoPedes, Kombes Pol Iqbal Pamerkan Museum HidupFoto: Rois Jajeli
Usai membahas penanaman sejuta benih cabai, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengajak panitia dari komunitas Bicara Surabaya mengelilingi Museum Hidup/Aktif Polri di gedung utama mapolrestabes.

Di museum yang diresmikan Wali Kota Tri Rismaharini pada tahun 2015 lalu, mantan Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya ini menujukkan beberapa koleksi di museum seperti peralatan identifikasi, seragam doreng polisi di zaman perjuangan, pistol, senjata laras panjang zaman dulu, hingga seragam 'kebesaran' Kapolri yang pernah menjabat Kapolwiltabes Surabaya seperti Jenderal Pol S Bimantoro, Sutarman, Kabareskrim Komjen Anang Iskandar.

"Museum ini dibuka untuk umum. Masyarakat bisa datang melihat koleksi kepolisian dulu dalam mendukung tugas-tugasnya," tuturnya.

Dukung #SuroboyoPedes, Kombes Pol Iqbal Pamerkan Museum HidupFoto: Rois Jajeli
Mantan Kapolres Sidoarjo ini juga menunjukkan ruang kerja tokoh Polri yang juga bapak Polri di era perjuangan Komjen Pol M Jasin.

Di ruangan tersebut terdapat koleksi seperti buku, meja kerja dan kursi serta mesin ketik kala itu masih utuh sebagai saksi sejarah bapak Polri ini.

"Ini ruang kerja Pak Jasin. Mesin ketik ini juga meninggalkannya," terangnya sambil menunjuk mesin ketik zaman dulu.

Dukung #SuroboyoPedes, Kombes Pol Iqbal Pamerkan Museum HidupFoto: Rois Jajeli
"Koleksi seperti meja, kursi kita minta dari keluarganya," jelasnya.

Sedangkan di luar gedung terdapat meriam yang diberi nama M Yasin dan Kombes M Duriyat.

Yang juga menarik perhatian, bangunan ruangan kecil yang berjeruji di sisi utara bawah gedung. Konon ruangan itu bekas penjara di masa kolonial.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed