DetikNews
Kamis 23 Februari 2017, 16:27 WIB

Pemprov Jatim Minta BBPOM Uji Cabai Impor dari China dan India

Rois Jajeli - detikNews
Pemprov Jatim Minta BBPOM Uji Cabai Impor dari China dan India Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Pemprov Jawa Timur bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Surabaya menguji cabai rawit merah kering impor dari China dan India.

"Kita akan menguji sampel cabai rawit merah kering impor," kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf kepada wartawan di ruang kerjanya usai bertemu dengan BBPOM di Surabaya dan beberapa pejabat terkait dari Pemprov Jatim, Kamis (23/2/2017).

Baca Juga: Cabai China Masuk Blitar Sampai Trenggalek, Ini Kata Pemprov Jatim

Wagub yang akrab disapa Gus Ipul menerangkan, Pemprov Jatim memiliki dashboard dari berbagai instansi yang tugasnya mengawasi produk impor seperti makanan, olahan dan segar.

Langkah-langkah yang dilakukan diantaranya, memastikan apakah produk impor seperti di kasus cabai rawit merah kering itu sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Apakah mengandung zat kimia berbahaya atau tidak.

"Pak Gubernur minta dipastikan dulu, apakah mengandung zat berbahaya atau tidak," teranganya sambil menambahkan, mulai hari ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemprov Jatim sudah mengirimkan sampel ke BBPOM.

Baca Juga: Cabai China Beredar di Wilayah Jatim, Layak Konsumsi?

Kadisperindag Jatim Ardi Prasetyawan menambahkan, pihaknya sudah mengambil sampel cabai merah kering impor di beberapa tempat seperti dari Tulungagung, Surabaya.

"Sampel sudah kita ambil dan kita serahkan ke BBPOM untuk diuji," ujarnya.

"Kita menguji sampelnya untuk mengetahui, apakah mengandung zat berbahaya atau tidak. Mungkin besok sudah hasilnya," jelas Ardi.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed