DetikNews
Kamis 16 Feb 2017, 20:12 WIB

Gus Ipul Pilih Jalur Partai untuk Ikut Pilgub Jatim 2018

Rois Jajeli - detikNews
Gus Ipul Pilih Jalur Partai untuk Ikut Pilgub Jatim 2018 Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyatakan siap maju sebagai Calon Gubernur Jatim di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Namun, dirinya menegaskan, tidak maju dari jalur independen, tapi memilih 'kendaraan' dari partai politik.

"Yang jelas, saya tidak akan maju lewat jalur independen," kata Saifullah Yusuf kepada wartawan usai menghadiri acara Forum Kebangsaan Jawa Timur di sebuah cafe di Surabaya, Kamis (16/2/2017).

Gus Ipul menerangkan, dirinya terus menjalin komunikasi dengan pimpinan dan pengurus partai politik. Harapannya, agar dapat maju sebagai calon gubernur yang diusung partai politik.

"Kami selalu bertemu dengan para ketua partai politik untuk menjalin komunikasi, menyamakan frekuensi, dan memerlukan komitmen serta skala prioritas yang sama," ujarnya.

"Kami juga terus melihat perkembangan di lapangan, apa sih yang dibutuhkan masyarakat untuk mempercepat pembangunan di Jawa Timur," tuturnya.

Partai mana saja yang meresponnya, agar dapat dicalonkan sebagai Gubernur Jatim. Gus Ipul tidak bisa berkomentar banyak, karena masih terus dikomunikasikan.

"Saya belum bisa berkomentar banyak. Selebihnya tergantung ketua parpol," ungkapnya.

"Kalau saya diberi kesempatan partai, saya akan berusaha mengerahkan sekuat tenaga. Kalau tidak ada yang mengusung, ya kami penuh keikhlasan menerimanya," terangnya sambil menambahkan, sampai saat ini belum ada parpol yang melamarnya. Tapi terus melakukan dialog dengan semua pimpinan partai politik di Jawa Timur.

"Secara umum, sambutannya (dari pimpinan parpol di Jatim) bagus," katanya.

Ditanya kemungkinan akan bergandengan dengan siapa jika maju sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Gus Ipul yang juga salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini enggan menyingunggnya.

Apakah akah bergandengan dengan Tri Rismaharini-saat ini Wali Kota Surabaya sehingga akan memiliki tagline Santri (Saifullah Yusuf-Tri Rismaharini)?. Gus Ipul menjawabnya dengan diplomatis.

"Dalam politik, tidak ada yang tidak mungkin. Dalam politik, semuanya serba mungkin," ujarnya.

"Seperti di pilkada Jakarta. pada injury time kan pasangan baru diputuskan. Pasangan yang menentukan partai politik, jadi saya serahkan sepenuhnya kepada partai politik," jelasnya.
(roi/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed