Polisi Pastikan Tidak Ada Laporan Pelanggaran Pilkada Kota Batu

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 16 Feb 2017 13:49 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Batu - Pilkada Kota Batu berjalan lancar. Selama prosesnya, Kepolisian tidak mendapatkan laporan, pengaduan maupun temuan adanya pelanggaran.

"Pilkada sudah berjalan, aman, tertib dan lancar. Tidak ada rekomendasi dari Panwas untuk ditindaklanjuti Sentra Gakumdu untuk penanganan hukumnya," kata Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata kepada detikcom di Mapolres Jalan Sultan Hasanudin, Kamis (16/2/2017).

Leonardus turut mengapresiasi, selama berjalannya Pilkada, mulai dari pemungutan suara, sampai penghitungan di TPS berjalan aman dan lancar.

"Sampai dengan proses penghitungan selesai di TPS, kami tidak menerima laporan kecurangan maupun pelanggaran. Semua pihak atau calon bisa menerima," ungkap Leonardus.

Ditambahkan, pergeseran personel yang diterjunkan mengamankan jalannya Pilkada akan dilakukan hari ini.

"Dengan hasil Pilkada yang dapat diterima semua pihak dan situasi kamtibmas wilayah Batu yang aman kondusif, hari ini akan dilaksanakan apel konsolidasi seluruh pasukan BKO untuk dikembalikan ke kesatuan asal dan untuk pasukan Polres Batu tetap melaksanakan pengamanan tahapan berikutnya dan tetap dibackup personel Brimob," jelas Leonardus.

Ketua Panwaslih Kota Batu Salma Safitri mengaku, selama proses pemungutan dan perhitungan suara tidak menemukan adanya pelanggaran serta tidak satupun pengaduan atau laporan. "Belum ada informasi pelanggaran," terangnya terpisah.

Kotak suara keseluruhan sudah sudah masuk di PPK dalam keadaan aman danntetap dalam penjagaan petugas Polri.

Semua Saksi dan KPPS dapat menerima hasil pungut suara dan menandatangani di kertas Plano.

"Terkait hasil Pilkada semua bisa menerima dan tidak ada dari Pasangan Calon yang keberatan dengan hasil penetapan Pasangan Calon yang menang", demikian pernyataan Kapolres. (bdh/bdh)