DetikNews
Kamis 09 Februari 2017, 10:01 WIB

Banjir Lumpur Terjang 12 Desa dan Kelurahan di Sampang

Ardi Yanuar - detikNews
Banjir Lumpur Terjang 12 Desa dan Kelurahan di Sampang Foto: Ardi Yanuar
Sampang - Banjir besar kembali menerjang 12 desa dan kelurahan di Kota Sampang, Madura. Puluhan ribu warga mengeluhkan banjir selalu datang menggenangi rumahnya. Sebab warga tidak bisa melakukan aktivitasnya, mulai dari memasak, sekolah dan berdagang.

Wajar puluhan ribu warga mengeluh. Apalagi mereka baru saja tergenang banjir selama 5 hari berturut-turut sejak Rabu (1/2) dan banjir surut pada Minggu (5/2).

"Belum kering mencuci lemari, kursi, rak televisi dan perabotan rumah tangga lainnya. Hari ini, rumah kami kedatangan banjir bercampur lumpur," keluh Agus Surahman, warga Jalan Melati Sampang, Kamis (9/2/2017).

Banjir menerjang 12 desa dan kelurahan di Kota SampangBanjir menerjang 12 desa dan kelurahan di Kota Sampang Foto: Ardi Yanuar

Menurut Agus, banjir mulai masuk halaman rumahnya sekitar pukul 03.00 WIB Kamis dini hari. Semakin lama, ketinggian air semakin naik. Walhasil, seluruh perabotan rumah tangga dievakuasi ke loteng rumah.

Sementara Tim Rekasi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sampang, langsung bergerak cepat. Mereka menyiapkan seluruh perahu karet di posko banjir. Selain itu mendirikan dapur umum sebagai pusat logistik makanan dan minum bantuan korban banjir.

Koordinator TRC BPBD Sampang, Mohamad Imam, menjelaskan, terkait pengamanan banjir selalu dikoordinasikan dengan tentara dan polisi di Sampang. "Dibantu tentara dan polisi, saat ini kami masih melanjutkan memasok bantuan makanan dan minuman kepada warga terdampak banjir," jelas Imam.
Banjir menerjang 12 desa dan kelurahan di Kota SampangBPBD Sampang menyiapka perahu karet memasok makanan dan evakuasi orangtua Foto: Ardi Yanuar

Sementara secara terpisah Kepala BPBD Sampang, Wisnu Hartono menjelaskan, wilayah terdampak banjir meluas di 12 desa dan kelurahan. Seperti di Desa Kamoning, Desa Pangilen, Desa Banyumas, Desa Tanggumung, Desa Pasean, Desa Panggung, dan Desa Gunung Maddah dengan ketinggian 80-210 cm.

Begitupula di Kelurahan Dalpenang (Jalan Imam Bonjol, Jalan Melati, Jalan Mawar, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Hasyim Ashari dan Monumen Trunojoyo) ketinggian banjir 80-200 cm).

Banjir di Kelurahan Rongtengah (Jalan Bahagia, Jalan Trunojoyo), Kelurahan Gunung Sekar (Jalan Delima dan Jalan Kenari, Jalan Aji Gunung, Jalan Garuda, Jalan Wachid Hasyim) ketinggian 50-150 cm.
Banjir di salah desa setinggi dada orang dewasaBanjir di salah desa setinggi dada orang dewasa Foto: Ardi Yanuar

Termasuk di Kelurahan Karang Dalem bagian timur, Kelurahan Banyuanyar dan Kelurahan Polagan tercatat wilayah terdamak banjir berketinggian 40-100 cm.

"Karena banjir cukup tinggi, polisi menutup jalur Sampang-Omben dan Sampang-Kedungdung-Ketapang," tandas Wisnu Hartono yang memprediksi banjir bakal berlangsung lama lantaran bertepatan bulan purnama air laut pasang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed