DetikNews
Kamis 02 Februari 2017, 16:07 WIB

Ombak 3 Meter, Pencarian ABK Kapal Motor Tenggelam Dihentikan

Ghazali Dasuqi - detikNews
Ombak 3 Meter, Pencarian ABK Kapal Motor Tenggelam Dihentikan Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Pencarian ABK kapal motor nelayan 'Anugerah' yang tenggelam di Selat Madura Situbondo dihentikan sementara, Kamis (2/2/2017).

Dua buah perahu karet milik Tim SAR yang diterjunkan melakukan penyisiran, terpaksa balik kanan karena dihadang gelombang setinggi 3 meter. Jika cuaca memungkinkan, pencarian ABK hilang bernama Fendi (30), warga Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, akan dilanjutkan Jumat (3/2).

"Penyisiran tidak bisa dilanjutkan. Di tengah ombaknya besar, sekitar 3 meter. Mesin perahu karet tidak bisa menerobos. Perahu karet yang kami tumpangi malah hampir saja terbalik," kata Ayon, 'nahkoda' perahu karet BPBD Situbondo.

Pengamatan detikcom menyebutkan, ada dua perahu karet milik BPBD Situbondo dan Basarnas Jember yang diterjunkan melakukan penyisiran ABK hilang. Dua perahu karet itu bertolak dari tepi pantai dekat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Desa Pesisir, Kecamatan Besuki.

Perjalanan laut menuju titik evakuasi para korban di tengah laut diperkirakan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun baru sekitar satu jam di laut, dua perahu karet milik tim SAR itu terpaksa harus kembali ke daratan.

"Cuaca tidak memungkinkan melakukan penyisiran sekarang. Ombaknya di tengah cukup besar. Sesuai SOP, pencarian korban hilang ini akan dilakukan 7 hari ke depan. Mudah-mudahan bisa segera ditemukan," tandas Irwan, dari Basarnas Jember, di TPI Desa Pesisir, Kecamatan Besuki.

Kecelakaan laut terjadi di Selat Madura Situbondo. Sebuah kapal motor bernama 'Anugerah' karam setelah dihantam ombak besar di Perairan Besuki. Saat kejadian, kapal motor jenis selerek itu membawa 15 nelayan asal Kraksaan, Probolinggo. Praktis, 15 ABK langsung ikut tercebur ke laut. Sekitar 3 jam mereka terombang-ambing di tengah laut, sebelum akhirnya ditemukan nelayan asal Besuki, Situbondo.

Sebanyak 14 ABK berhasil diselamatkan nelayan Besuki yang sedang melaut. Mereka langsung dievakuasi ke atas perahu dan dibawa ke pesisir Pantai Besuki. Sementara 1 ABK lainnya bernama Fendi (30) warga Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, hingga kini masih hilang.

"Informasi terbaru yang kami terima dari BPBD Probolinggo, jumlah ABK Kapal Motor Anugerah seluruhnya 16 orang. Rinciannya, 15 ABK selamat dan satu ABK atas nama Fendi masih dalam pencarian," tukas Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo.

Berikut nama-nama ABK Kapal Motor Anugerah yang selamat warga Kraksaan, Probolinggo. Mereka yakni, Bahrul (Nahkoda), Diki, Bahar, Samsul, Ar, Bungsoh, Saipul, Tojamen, Didik, Nur, Asan, Edi, Giman, Rudi, Todisan. Sementara nama korban hilang adalah Fendi (30).
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed