DetikNews
Selasa 24 Januari 2017, 16:15 WIB

Sebulan, Dinas Kebakaran Surabaya Terima 100 Laporan Palsu

Zainal Effendi - detikNews
Sebulan, Dinas Kebakaran Surabaya Terima 100 Laporan Palsu Foto: Thinkstock
Surabaya - Jumlah kebakaran di wilayah Surabaya berhasil turun 50 persen, namun dinas kebakaran sering mendapat laporan kebakaran palsu.

Kepada detikcom, Kepala Dinas Kebakaran Surabaya Candra Uratmangun mengaku laporan palsu kebakaran dari masyarakat biasa diberi julukan 'Ayu Ting-Ting'. Itu sesuai judul lagu 'Alamat Palsu' yang dinyanyikan artis dangdut kelahiran Depok tersebut.

"Tiap bulan ada 100 Ayu Ting ting (laporan palsu) yang kita terima," kata Kepala Dinas Kebakaran Surabaya Candra Uratmangun di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (24/1/2017).

Meski mendapat laporan palsu, Candra menegaskan pihaknya tetap meluncurkan unit untuk memastikan laporan palsu tersebut ke lokasi.

"Meski beberapa petugas kami yang senior sudah bisa bedakan itu 'Ayu Ting-Ting', kami tetap berangkatkan unit ke lokasi sebagai antisipasi," ungkap Candra.

Antisipasi 'Ayu Ting-Ting', kata Candra, pihaknya mendapat laporan langsung dari petugas Satpol PP dan Linmas yang biasa datang terlebih dulu datang ke lokasi.

"Biasanya mereka (Satpol PP dan Linmas) serta teman relawan kebakaran yang memberitahu kalau laporan itu 'Ayu Ting-Ting'," imbuh dia.

Sementara jumlah kasus kebakaran selama 2016 sebanyak 300 kasus. Didominasi kebakaran bangunan sebanyak 154 kasus atau 51 persen dan non bangunan sebanyak 146 kasus atau 49 persen.

"Penyebab paling banyak masih didominasi arus pendek atau konsleting listrik," pungkas Candra.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed