detikNews
Senin 28 November 2016, 11:34 WIB

Updated

Batik Trenggalek Jadi Perhatian di Hari Kebudayaan Indonesia di Kolombia

Adhar Muttaqin - detikNews
Batik Trenggalek Jadi Perhatian di Hari Kebudayaan Indonesia di Kolombia Foto: Istimewa
Kolombia - Batik khas Trenggalek menjadi daya tarik sendiri saat dipakai para finalis Miss Mundo Kolombia, saat Hari Kebudayaan Indonesia, di Paipa, Kolombia.

Wakil Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin mengatakan, empat jenis batik warna alam Trenggalek, disulap oleh desainer asal Indonesia, Merlin Karen menjadi gaun yang anggun dan mempesona.

"Banyak diantara para undangan yang hadir bertanya-tanya tentang batik Trenggalek, rata-rata mereka kagum dengan corak serta keunikan warna yang dimunculkan dalam batik tersebut," kata pria yang akrab disapa Cak Ipin.

Foto: Istimewa
Menurutnya, acara yang diselenggarakan oleh KBRI Bogota bekerjasama dengan Pemerintah Kota Paipa, Provinsi Boyaca dan diresmikan oleh Duta Besar RI Bogota, Ibu Trie Edi Mulyani. Acara ini jelas menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kota Alen-alen yang telah mendorong produk unggulan Trenggalek, khususnya batik untuk dikenal di mancanegara.

"Jadi ada 10 jenis batik asal Indonesia yang dikenalkan Miss Mundo dalam forum tersebut, dari jumlah itu empat diantaranya merupakan batik asal Trenggalek," ujarnya kepada detikcom melalui pesan elektronik, Minggu (27/11/2016).

Tidak hanya para finalis Miss Mundo dan tamu undangan yang kagum terhadap batik tulis asal Trenggalek, namun sang desainer, Merlin Karen juga menyatakan kekagumannya terhadap batik Trenggalek.

Foto: Istimewa
"Batik Trenggalek punya keunikan tersendiri dari desain dan warna alamnya, senang sekali bisa berkreasi dengan batik Trenggalek," katanya.

Disisi lain, istri wakil Bupati Trenggalek, Novita Hardiny tidak menyangka, jika produk batik Trenggalek akan menjadi perhatian di acara tersebut. Ia berharap hal ini menjadi pendorong semangat para pengrajin batik untuk tetap mempertahankan kualitas dan nilai seni yang ada.

"Ini sebagai bukti bahwa Trenggalek punya kualitas dan pemerintah tidak hanya tinggal diam, namun turut andil dalam upaya pelestarian dan promosi batik," ujarnya.

Foto: Istimewa
Mantan presenter televisi swasta ini optimistis, promosi potensi Trenggalek melalui berbagai forum lokal dan internasional akan menjadi tonggak kebangkitan industri UMKM. Bahkan bisa menjadi peluang baru untuk pemasaran produk unggulan Trenggalek.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed