DetikNews
Kamis 17 November 2016, 17:27 WIB

Ini Penampakan Kerusakan di Malang Akibat Gempa 5,8 SR

M Aminudin - detikNews
Ini Penampakan Kerusakan di Malang Akibat Gempa 5,8 SR Foto: istimewa
Malang - Sedikitnya 37 rumah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rusak karena gempa bumi yang berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR) pada Rabu (16/11/2016) malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mencatat rumah penduduk yang mengalami kerusakan it tersebar di lima kecamatan.

Foto: istimewa
Kelima kecamatan itu adalah Ampelgading, Tirtoyudo, Pagelaran, Dampit dan Sumberpucung. Foto-foto yang diterima detikcom menggambarkan kerusakan rumah yang cukup variasi.

Tidak hanya kontruksi dari kayu yang mengalami kerusakan, namun ada pula rumah tembok pun mengalami hal yang sama. Dindingnya retak dan ambrol.

Foto: istimewa
Warga dibantu anggota TNI terlihat membetulkan bangunan yang ambrol dan runtuh. Sementara ibu-ibu mengambili perabotan yang masih bisa dimanfaatkan.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setyono menyatakan kerusakan yang terjadi tidak parah. Jika ada kerusakan berat karena faktor konstruksi usia bangunan yang tua.
Foto: istimewa

"Untuk fasilitas umum atau korban jiwa nihil hingga pukul 12.30 wib," kata dia kepada detikcom, Kamis (17/11/2016).

"Karena kondisi bangunan tua ada empat rumah rusak berat, itu di Kecamatan Ampelgading dua unit rumah, satu unit di Sumbermanjing Wetan, dan satu lagi di wilayah Pagelaran," tegasnya.
Foto: istimewa

Bagyo mengaku pihaknya masih melakukan pendataan dampak gempa bumi dengan menerjunkan tim tanggap bencana ke daerah-daerah yang diduga menjadi korban terdampak gempa.

Foto: istimewa

(bdh/ugik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed