DetikNews
Sabtu 17 Sep 2016, 12:47 WIB

Bupati Irsyad Singgung Aset Kendaraan Milik Pemkab Pasuruan, ini Alasannya

Muhajir Arifin - detikNews
Bupati Irsyad Singgung Aset Kendaraan Milik Pemkab Pasuruan, ini Alasannya Gus Irsyad saat apel/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf menegaskan agar aset dari pemerintah daerah dijaga dan dirawat dengan baik. Pemda mengamanatkan kendaraan dinas agar pelayanan masyarakat semakin baik.

"Saya berterima kasih karena bapak-ibu sekalian bisa memegang amanah itu sehingga pemkab berturut-turut mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK, di mana soal aset jadi catatan penting," kata bupati yang akrab disapa Gus Irsyad ini.

Namun ia tak memungkiri jika masih ada sejumlah kendaraan dinas yang bermasalah, namun jumlahnya sangat kecil.

Gus Irsyad/ Foto: Muhajir ArifinGus Irsyad/ Foto: Muhajir Arifin
"Dan saya yakin masalah tersebut bukan karena kesengajaan," katannya kepada detikcom, Sabtu (17/9/2016).

Sebanyak 30 unit motor dinas kades dan ketua BPD di Kabupaten Pasuruan bermasalah, 18 diantaranya hilang. Para pengguna kendaraan dinas yang hilang diwajibkan mengganti karena merupakan aset pemerintah daerah.

Hal itu diketahui saat apel aset kendaraan dinas di Stadion Pogar, Bangil, Jumat (16/9/2016). Apel yang diikuti 676 kepala desa, lurah dan ketua BPD serta Kepala SKPD dan camat tersebut bertujuan memastikan semua kendaraan dinas digunakan sesuai peruntukannya dan tak disalahgunakan.

Apel sendiri digelar sekitar pukul 14.30 WIB. Para peserta apel secara bergelombang datang dari kecamatannya masing-masing. Mereka kemudian berbaris rapi bersama motornya masing-masing.

Apel juga dimeriahkan dengan atraksi dari puluhan pengendara motor dinas yang membentuk formasi angka 1087, yang merujuk pada angkat hari jadi Kabupaten Pasuruan.
Apel aset kendaraan dinas di Stadion Pogar/ Muhajir ArifinApel aset kendaraan dinas di Stadion Pogar/ Muhajir Arifin

Dalam kesempatan ini, seorang perwakilan kades memberikan seekor ayam jago kepada Gus Irsyad dan berharap agar selalu sehat dan kuat memimpin daerah.

Sementara Asisten Pemerintahan, Soeharto, merinci selain kades, lurah dan Ketua BPD, hadir pula Kepala SKPD camat dan semua pemegang kendaran dinas. Total peserta yang hadir sebanyak 845.

"Untuk kendaraan yang hilang akan dilakukan TPGR (Tuntutan Penafsiran Ganti Rugi). Mereka harus mengganti," terang Soeharto.

Soeharto merinci, dari 30 motor dinas yang tidak bisa dihadirkan dalam apel antara lain sebanyak 22 kendaraan dinas kades dan lurah. 15 diantaranya 15 hilang, 4 tidak berada di lokasi, 1 dalam proses hukum dan 2 dalam proses penghapusan.

"Sementara ada 8 motor dinas Ketua BPD yang tidak bisa dihadirkan dalam apel karena 3 hilang, 1 tidak di lokasi, 1 dalam porses hukum dan 3 dalam proses penghapusan," katanya.


(ugik/ugik)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed