Uang Nasabah Rp 420 Juta di Rekening Raib, ini Jawaban Bank Danamon

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Rabu, 07 Sep 2016 15:59 WIB
Fikkri dan Eric menunjukkan bukti laporan (Foto: Imam Wahyudiyanta)
Surabaya - Bank Danamon mengakui telah menerima keluhan dari nasabahnya, Eric Proyo Prasetyo dan Bui That, terkait raibnya uang mereka di rekeningnya. Bank Danamon masih melakukan penelusuran internal.

"Kami sudah bertemu serta berkomunikasi dengan nasabah untuk menyampaikan hasil penelusuran tersebut," ujar Regional Corporate Officer Kantor Wilayah Jawa Timur Eddie Harijanto Bintoro dalam surat eletronik yang dikirimkan ke detikcom, Rabu (7/9/2016).

Eddie mengatakan, saat ini permasalahan tersebut sedang dalam penanganan Kepolisian. Danamon sendiri koperatif dengan pihak Kepolisian dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

Eddie menyampaikan bahwa belakangan ini terdapat suatu tren penipuan (fraud) dimana oknum diduga bisa mendapatkan kartu SIM baru dengan nomor yang sama dengan milik nasabah, serta mendapatkan data pribadi melalui proses social engineering.

Karena itu Danamon menghimbau agar nasabah senantiasa menjaga kerahasiaan PIN, password, kode aktivasi, dan semua data pribadi lainnya terkait rekening dan fasilitas perbankan yang dimiliki, serta tidak pernah memberitahukan kepada siapapun, termasuk ke Danamon. Danamon tidak pernah meminta PIN, password, atau kode aktivasi nasabah melalui telpon, SMS, atau email.

"Dihimbau kepada nasabah agar jika merasa curiga atau menerima pesan mencurigakan yang mengatasnamakan Danamon, segera hubungi Hello Danamon di 1-500-090," pungkas Eddie.

Eric Priyo Prasetyo mengaku uang sebanyak Rp 420 yang ada di dalam dua rekening Bank Danamon nya raib begitu saja. Padahal ia tak melakukan baik penarikan maupun transfer dari aplikasi Danamon Mobile Banking. Peristiwa itu terjadi pada 5-6 Juni 2016.

Hal yang sama juga dialami oleh Bui That. Nasabah Bank Danamon cabang Sepanjang itu kehilangan uang dollarnya sebanyak USD 9.446 atau sekitar Rp 120 juta. Padahal Bui That bahkan tak mempunyai aplikasi Danamon Mobile Banking. Bui That kehilangan uangnya pada 16-21 Juni 2016. (fat/iwd)