DetikNews
Senin 29 Agustus 2016, 18:45 WIB

Danrem 083/Baladhika Jaya Pantau Program Swasembada Beras di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Danrem 083/Baladhika Jaya Pantau Program Swasembada Beras di Banyuwangi Danrem Wachid dan Bupati Anas (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Komandan Korem (Danrem) 083/ Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Wachid Apriliyanto, melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0825 Banyuwangi, Senin (29/8/2016). Danrem Wachid ingin memantau langsung pencapaian program swasembada pangan nasional yang digagas pemerintah dengan melibatkan TNI melalui Upaya Khusus (Upsus), program Sergap (Serap Gabah Petani).

Kedatangan Wachid disambut hangat Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf. Roby Bulan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto, serta jajaran Kodim 0825 Banyuwangi. Dalam kunjungan ini, Wachid juga akan melakukan kunjungan ke lokasi pertanian dan gudang bulog di Banyuwangi.

"Kami akan lihat di lapangan sejauh mana pencapaian program yang telah dilaksanakan di Kodim 0825 Banyuwangi. Sekaligus untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang mungkin di hadapi. Jika memang ada kendala, kami bersama dengan kementerian pertanian dan dinas terkait, akan bersama-sama melihat dan mencari solusinya," ujar Danrem kepada sejumlah wartawan.

Salah satunya, imbuh Danrem, bisa dengan memperkuat keterlibatan seluruh Danramil dan Babinsa di daerah untuk menjadi penyuluh pertanian dan ikut mengawasi semua proses pertanian.

"Mulai dari mengawasi ketersediaan pupuk dan proses ditribusinya, mengawasi pembibitan, pengelolaan tanaman sampai sistem panen kita pantau," ujar kolonel alumnus Akademi Militer tahun 1992 tersebut yang baru resmi menjabat sebagai Danrem 083/ Baladhika Jaya mulai awal Agustus lalu.

Sementara itu, Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf. Roby Bulan mengatakan untuk serapan gabah periode Januari hingga Agustus 2016 sebanyak 77 ribu ton, atau setara dengan 33 ribu ton beras.

"Serapan ini naik 116 persen dari pada tahun lalu. Kita lakukan berbagai upaya untuk pencapaian target," ujarnya kepada detikcom.

Sementara itu, Bupati Anas menyambut ramah kunjungan Danrem di Banyuwangi. Bupati Anas memastikan, Pemkab Banyuwangi akan turut mendukung program-program pemerintah pusat, termasuk programSergap.

Dikatan Bupati, pemkab melalui Dinas Pertanian akan terus berupaya mengoptimalkan penyerapan gabah petani melalui sosialisasi kepada para kelompok tani. Hal ini untuk mendorong agar mereka mau menjual hasil panennya kepada Bulog.

"Untuk itu, kami telah menerjunkan 174 petugas penyuluh lapangan (PPL) yang terdiri dari 124 PPL daerah dan 50 Tenaga Harian Lepas (THL) dari Kementan," tegas Bupati Anas.



(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed