DetikNews
Minggu 24 Juli 2016, 23:23 WIB

Puluhan Gelondong Mesin dan Kerangka Motor Diduga Hasil Kejahatan Diamankan

Yakub Mulyono - detikNews
Puluhan Gelondong Mesin dan Kerangka Motor Diduga Hasil Kejahatan Diamankan Puluhan Gelondong Mesin dan Kerangka Motor diamankan/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Belasan blok mesin sepeda motor serta rangka, yang diduga curian diamankan Polres Jember. Semua barang bukti diamankan dari bengkel di Jalan Semboro, Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul sekitar pukul 21.30 WIB, Minggu (24/7/2016).

"Pengungkapan ini adalah hasil pengembangan dari penangkapan begal yang juga membunuh korban yang kita tangkap Jumat kemarin," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif di Mapolsek Tanggul.

Menurut Sabilul, barang bukti yang diamankan pihaknya adalah 15 blok mesin, 10 rangka sepeda motor yang nomornya sudah dihapus dan 18 sepeda motor yang diduga tak dilengkapi surat-surat.

"Ada indikasi kuat bahwa barang bukti ini adalah hasil tindak kejahatan," tegas Sabilul.

Selain itu, petugas juga mengamankan Parto (56) pemilik dari bengkel tersebut. "Yang bersangkutan masih kita mintai keterangan. Kemudian kasusnya kita kembangkan lagi darimana pemilik bengkel mendapatkan motor-motor tersebut," tegas Sabilul.

Menurut petugas, pemilik bengkel selama ini melayani pembelian sparepart motor. "Dugaan kita, pemilik bengkel setelah membeli motor curian dari pelaku, kemudian di jagal dan dijual terpisah kepada masyarakat yang perlu mengganti sparepartnya," kata petugas.

Pantauan detikcom di lapangan, dua kendaraan milik Polsek Tanggul digunakan untuk mengangkut barang bukti tersebut. Bahkan karena tidak muat, petugas terpaksa menggunakan truk.

"Sampek banyak begitu ya motornya. Jangan-jangan memang sudah lama beli motor begituan," kata Gito, warga yang melintas di depan Mapolsek Tanggul.


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed