DetikNews
Jumat 03 Juni 2016, 10:40 WIB

27 Km Saluran Pipa Gas PGN Mojokerto-Jombang Tersambung

Rois Jajeli - detikNews
27 Km Saluran Pipa Gas PGN Mojokerto-Jombang Tersambung Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Proyek pembangunan pipa gas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk ke kawasan industri dari Jetis Mojokerto-Ploso Jombang, Jawa Timur, sepanjang sekitar 27 Km sudah tersambungkan.

"Sejak akhir Mei 2016 pembangunan proyek pipa gas dari Jetis (Mojokerto)-Ploso (Jombang) sudah selesai," kata Direktur PGN Dilo Seno Widagdo, Kamis (2/6/2016).

Ia mengatakan, rampungnya pembangunan pipa saluran gas ke kawasan industri di kedua daerah tersebut, menambah panjang pipa gas bumi PGN di seluruh Indonesia sepanjang 7.000 kilometer (Km) atau setara dengan 76% pipa gas bumi hilir di Indonesia.

Dari jumlah 7.000 Km pipa gas di Indonesia, lebih dari 10 persennya pipa gas dioperasionalkan di Jawa Timur yakni, Surabaya sepanjang 493 Km, Sidoarjo lebih dari 313 Km dan Pasuruan lebih dari 189 Km.

Dilo menerangkan, adanya proyek pipa gas dari Jetis ke Ploso ini semakin menambah pemanfaatan gas bumi yang efisien dan bersih bagi masyarakat maupun industri.

"Penambahan pembangunan proyek pipa gas ini merupakan wujud kontribusi PGN sebagai BUMN gas kepada negara dan masyarakat," jelasnya.

Area Head PGN Sidoarjo-Mojokerto Andaya Endy Saputra menambahkan, pasokan gas dari Jetis-Ploso hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Keberadaan pipa gas tersebut menjadi peluang bagi investor yang menanamkan investasinya di Mojokerto dan Jombang. Selain itu, saluran gas juga untuk memenuhi kebutuhan usaha komersial hingga rumah tangga di Mojokerto.

"Banyak pabrik-pabrik di Mojokerto dan Jombang yang bisa memanfaatkan pasokan gas ddari PGN," tuturnya sambil memberikan contoh industri di bidang keramik, food beverage, pabrik pakan yang bisa menerima pasokan gas dari PGN.

"Dukungan infrastruktur di Mojokerto dan Jombang terhadap ketersediaan pasokan gas dan harga kompetitif, diharapkan dapat membuka peluang bagi investor untuk mengembangkan usahanya," tandasnya.
(roi/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed