Dua Tersangka Perusak Rumah Dinas Kajati Jatim Diserahkan ke Kejaksaan

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Selasa, 17 Mei 2016 20:17 WIB
Kedua tersangka sedang menjalani pemeriksaan administratif (Foto: Imam Wahyudiyanta)
Surabaya - Dua pelaku perusakan rumah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya. Mereka langsung ditahan. Mereka adalah Irwanto, warga Jalan Tambak Langon dan Samsul Anang, warga Jalan Tambak Oso Wilangon.

"Kami menerima kedua tersangka dari Polrestabes Surabaya. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan administratif," ujar Kasi Pidum Kejari Surabaya Joko Budi Darmawan kepada wartawan Selasa (17/3/2016).

Kedua tersangka akan segera menjalani sidang. Rencana dakwaan sudah disusun dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Dua jaksa sudah ditunjuk untuk menyidangkan kasus ini yakni Jaksa Ali Prakoso dan I Putu Karmawan.

"Kedua tersangka juga akan kami tahan. Kami meneruskan penahanan dari penyidik. Ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng," lanjut Joko.

Selain melimpahkan tersangka, penyidik Polrestabes Surabaya juga melimpahkan barang bukti yakni rekaman cctv. Video pada cctv dengan jelas memperlihatkan kedua tersangka melakukan perusakan pagar rumah dinas Kajati Jatim.

Peristiwa itu sendiri terjadi pada 18 Maret 2016 lalu. Saat itu, puluhan orang yang mengenakan atribut salah satu organisasi mendemo rumah dinas Kajari Jatim Maruli Hutagalung. Saat berdemo itulah kedua tersangka melakukan pengrusakan pada pagar rumah dinas Kajati Jatim. (fat/iwd)