DetikNews
Sabtu 07 Mei 2016, 23:31 WIB

27 Tersangka Sweeping di Tol Suramadu Ditahan dan Dititipkan di Polda Jatim

Rois Jajeli - detikNews
27 Tersangka Sweeping di Tol Suramadu Ditahan dan Dititipkan di Polda Jatim Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Polisi Polres Pelabuhan Tanjung Perak menetapkan 27 orang sebagai tersangka aksi sweeping dan perusakan terhadap kendaraan di tol jembatan Suramadu. Karena ruang tahanan tidak mencukupi, mereka dititipkan di ruang tahanan Mapolda Jatim.

"27 orang sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Sisanya sebagai saksi," kata Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Yanuar Herlambang, Sabtu (7/5/2016).

27 Orang tersangka ini dijerat pasal 170 KUHP tentang pengerusakan fasilitas umum, serta pasal 212 KUHP tentang kekerasan mewalan pejabat yang sedang menjalankan tugas.

Setelah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka, mereka langsung ditahan. Namun, ruang tahanan di Mapolrestabes Surabaya tidak mencukupi, sehingga mereka dititipkan di ruang tahanan Mapolda Jatim.

"Ruang tahanan kami tidak mencukupi, sehingga kami titipkan (di ruang tahanan) polda," tandasnya sambil menambahkan, berkas perkara tersangka akan dilengkapi sampai diproses hingga ke pengadilan.

Sebelumnya, pada Jumat dinihari massa yang sebagian menggunakan atribut bonek melakukan sweeping terhadap kendaraan plat N dan B di kawasan Suramadu.

Mereka mensweeping pendukung Arema yang akan menyaksikan laga Madura United (MU) versus Arema Malang pada Jumat malam di stadion RKH Fuad Amin, Bangkalan.

Aksi mereka membuat beberapa kendaraan pribadi maupun bus hingga truk dalmas dan mobil pribadi Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak mengalami kerusakan, akibat terkena lemparan batu.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed