DetikNews
Sabtu 07 Mei 2016, 12:12 WIB

Ricuh Lagi di Akses Suramadu, 88 Orang Diciduk Polrestabes Surabaya

Rois Jajeli - detikNews
Ricuh Lagi di Akses Suramadu, 88 Orang Diciduk Polrestabes Surabaya Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Kericuhan kembali terjadi di akses jembatan Suramadu. Petugas gabungan dari Polrestabes Surabaya dan polsek jajaran menciduk 88 orang dan kebanyakan anak di bawah umur. Polisi juga mengamankan 20 sepeda motor.

"Mereka kita amankan di sekitar Kapas Madya dan Kedung Cowek," kata Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Jafar, Sabtu (7/5/2016).

Pada Sabtu dini hari tadi, petugas kepolisian gabungan dari Polrestabes Surabaya menyisir di kawasan Kedung Cowek dan Kapas Madya dan melakukan penjagaan di akses Suramadu, untuk memberikan keamanan bagi pengendara yang akan dan keluar dari Suramadu.

Polisi mendatangi dan membubarkan gerombolan massa. Namun, malah mendapatkan perlawanan dari massa. Mereka melempari petugas dengan bebatuan. Ketika dikejar petugas, mereka malah masuk ke pemukiman.

Beberapa massa yang tidak bisa melarikan diri, langsung diciduk polisi. Ada juga yang diamankan bersama sepeda motornya. Kemudian digelendeng petugas ke Mapolrestabes Surabaya.

Saat di Polrestabes Surabaya, mereka diminta melepas bajunya, kemudian didata oleh petugas Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Kompol Lily mengatakan, setelah dilakukan pendataa dan dibina, mereka semua dipulangkan, karena tidak ada bukti cukup kuat.

"Mereka juga tidak ada yang membawa senjata tajam," tuturnya.

Meski mereka sudah dipulangkan, tapi sepeda motor tidak bisa diambil. Proses pengambilan motor dimulai hari senin pekan depan.

"Motornya belum bisa diambil. Mulai Senin besok bisa diambil, tapi harus dilengkapi dengan surat-surat administrasi dan kelengkapan kendaraan bermotornya," tandasnya.

Sebelumnya, massa yang didominasi usia besalan tahun melakukan sweeping terhadap kendaraan plat N dan B di akses tol jembatan Suramadu pada Jumat dinihari. Aksi itu, untuk mensweeping warga atau pendukung Arema Malang yang ingin menyaksikan laga antara Madura United (MU) versus Arema Malang di Stadion RKH Fuad Amin, Bangkalan, Jumat Malam.

Kemudian, Jumat malam sampai Sabtu dini hari, massa bergerembol di sepanjang akses Suramadu. Mereka ada yang melempari bus atau kendaraan yang akan dan keluar Suramadu.

Selain itu, juga melempari petugas dengan bebatuan, yang berusaha membubarkan gerombolan massa.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed