DetikNews
Jumat 06 Mei 2016, 12:33 WIB

Aksi Sweeping di Akses Tol Jembatan Suramadu, 42 Orang Diamankan Polisi

Rois Jajeli - detikNews
Aksi Sweeping di Akses Tol Jembatan Suramadu, 42 Orang Diamankan Polisi Pelaku sweeping yang diamankanpolisi/Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Sekitar 42 orang diamankan petugas dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Mereka belum ada ditetapkan tersangka kerusuhan dan aksi sweeping, dan masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Hal itu disampaikan Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Yanuar Herlambang di mapolres, Jalan Kalianget, Surabaya, Jumat (6/5/2016).

"Ada 42 orang yang kita amankan," kata Yanuar.

Perwira menengah dengan satu melati dipundaknya ini mengatakan, 42 orang diamankan sejak tadi malam. Hingga saat ini, mereka masih diperiksa oleh penyidik Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

"Belum ada yang ditetapkan tersangka. Mereka masih didalami, dan nanti kita pilah-pilah mana yang betul-betul pelaku (pengerusakan)," tuturnya.

Mantan Wakapolres Bangkalan ini mengatakan, penyidik terus mengumpulkan bahan keterangan dari 42 orang, yang mayoritas saat diamankan tidak membawa kartu identitas.

"Umur mereka belum tahu, karena tidak ada yang membawa keterangan atau kartu identitas diri. Nanti satu persatu didata dan dikembangkan," tandasnya.

Sebelumnya, ribuan massa melakukan aksi sweeping terhadap kendaraan berplat N (Malang) dan B (Jakarta) di akses tol jembatan Suramadu sisi Surabaya, Kamis (5/5/2016) malam.

Mereka melakukan sweeping terhadap penumpang yang diindikasikan sebagai suporter Arema. Hari ini, Jumat, akan digelar pertandingan sepakbola antara Madura United (MU) versus Arema Malang di stadion RKH Fuad Amin, Bangkalan.

Aksi sweeping dibubarkan gabungan petugas dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya. Kerusuhan pun tak terlekkan lagi, massa melempar batu ke arah petugas, hingga menyebabkan beberapa kendaraan milik Polri seperti truk dalmas dan kendaraan pribadi wakapolres juga terkena lemparan batu.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed