Rasiyo: Surat Pengunduran Diri dari Komisaris BUMD Rampung Akhir Oktober

Rois Jajeli - detikNews
Kamis, 22 Okt 2015 09:18 WIB
Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Calon Walikota Surabaya Rasiyo merupakan salah satu dari nama calon kepala daerah yang belum menyerahkan surat pengunduran diri dari BUMD (badan usaha milik daerah) Provinsi Jawa Timur.

Mantan Sekdaprov Jawa Timur ini mengaku sudah melayangkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai komisaris salah satu BUMD Jatim, dan optimis surat tersebut rampung akhir Oktober 2015. Sehingga nantinya bersama pasangannya Lucy Kurniasari akan bersaing melawan pasangan incumbent Tri Rismaharini-Wishnu Sakti Buana, pada 9 Desember 2015 nanti.

"Saya sudah mengajukan surat pengunduran diri. Ya kan membutuhkan proses, paling lambat akhir Oktober," kata Rasiyo, Kamis (22/10/2015).

Berdasarkan PKPU No 12 Tahun 2015 Pasal 68 dijelaskan, pasangan calon yang sudah ditetapkan memenuhi persyaratan administrasi oleh KPU menjadi pasangan calon kepala daerah, maka harus menyerahkan SK pemberhentian jika mereka masih berstatus sebagai anggota PNS, TNI/Polri, DPRD maupun BUMN/BUMD, paling lambat 60 hari setelah ditetapkan oleh KPU.

Penetapan Rasiyo sebagai paslon kepala daerah pada 24 September 2015. Berdasarkan ketentuan PKPU, maka masih ada waktu sekitar 30 hari lagi.

Kata Rasiyo, dirinya sudah melayangkan surat pengunduran diri sebagai bentuk untuk mensukseskan pemilihan walikota Surabaya 9 Desember 2015.

"Sesuai ketentuan kan 60 hari setelah ditetapkan. Masih ada waktu sebulan, dan ini masih dalam proses," tandasnya. (roi/bdh)