Wabup Kediri Hadiri 106 Pasangan Nikah Massal

- detikNews
Kamis, 12 Mar 2015 11:34 WIB
Foto: Andhika Dwi
Kediri - Pasangan tertua usia 80 dan 68 tahun dan pasangan muda 19 dan 17 tahun sah menjadi suami istri, dalam nikah massal yang disaksikan Wakil Bupati Kediri Maskhuri di Gedung Bagawanta Bahari Jalan Pamenang.

Sebanyak 106 pasangan dinikahkan dan dicatatkan di KUA setempat melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Kediri. Mereka umumnya pasangan yang mempunyai kendala sehingga belum melangsungkan pernikahan sah secara hukum.

Sukarmin dan Suratemi warga Mlancu Kandangan, menjadi pasangan tertua dalam nikah massa tersebut tampak malu-malu saat acara dibuka Wabup Maskhuri. Apalagi pasangan tertua dan termuda tersebut harus saling menyuapi nasi dan roti.

Sontak aksi tersebut memancing gelak tawa para tamu dan undangan yang hadir dalam acara tersebut.

"Saya senang mas sekarang sudah punya surat. Seneng juga ini bisa ramai-ramai. Saya sudah lupa dulu tahun berapa saya nikah, tapi kalau tidak salah kira kira umur 17 tahun. Dan masih tetap bisa sama mbah (suami) sampai sekarang. Anak saya 3, cucunya 3, buyut saya juga 3, coba itung berapa tahun saya nikah," kata Suratemi tersenyum, Kamis (12/3/2015).

Sementara menurut Wabup Maskhuri mengaku nikah massal ini dilakukan agar mereka sah secara hukum.

"Ini kan kasihan anak anaknya nanti, karena kalau nggak punya akte juga sulit untuk mengurus segala keperluannya," tambah Maskhuri.


(fat/fat)