45 Mahasiswa ITN Kembali Diperiksa Terkait Kematian Fikri

- detikNews
Rabu, 12 Feb 2014 19:38 WIB
Almarhum Fikri/File
Malang - Puluhan mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) jurusan Planologi kembali diperiksa Polres Malang, Rabu (12/2/2014). Pemeriksaan masih menyangkut kematian Fikri Dolasmantya Surya dalam kegiatan Kemah Bakti Desa (KBD) di Goa Cina, Sumbermanjing Wetan Oktober 2013 silam.

"Hari ini ada pemeriksaan tambahan sebanyak 45 mahasiswa. Bahwa kita hanya ingin menambahkan keterangan yang harus dilengkapi, sebelum dilimpahkan ke kejaksaan," kata Kasat Reskrim Polres Malang AKP Muhammad Aldy Sulaeman, Rabu sore.

Saat ditanya apakah ada penambahan tersangka? Aldy menjawab tenang. "Kita periksa dulu, kita lihat saja, ada kemungkinan, kita lihat nanti," kata Aldy.

Dari suasana proses penyidikan, tampak pula tim kuasa hukum para tersangka dari pihak ITN turut datang. Begitu pula sejumlah dosen tampak menemani beberapa mahasiswa.

Puluhan mahasiswa yang belum diperiksa tampak menunjukkan wajah tenang. Ada sejumlah mahasiswa memasang wajah serius di sekitar halaman Polres Malang.

Sementara kuasa hukum ITN Endarto SH mengatakan, pihaknya datang sekedar menemani mahasiswa baru yang menjadi saksi. Namun ia tidak menyangkal jika ada mahasiswa selaku panitia juga turut datang. Ia juga menyebut bila rencana pengajuan saksi tambahan akan ditujukan kepada penyidik.

"50 Orang nanti kita ajukan. Semua dipanggil hari ini. Ada diantara mereka. Para mahasiswa dikirimi surat resmi polres untuk dimintai keterangan," terangnya.

Terkait pengajuan saksi seperti disebut Endarto, Aldy menanggapinya sebagai hal yang wajar. "Itu memang hak tersangka. Berkas ini Insya Allah selesai secepatnya," kata Aldy secara terpisah.

(fat/fat)