detikNews
Kamis 24 Maret 2016, 19:09 WIB

Program Makanan Gratis, Cara Pemkot Surabaya Bantu Anak Yatim hingga Lansia

Zaenal Effendi - detikNews
Surabaya - Para lansia, penyandang cacat, dan yatim piatu di Kota Surabaya mendapat perhatian dari Pemkot. Mereka mendapat bantuan makanan tiap hari. Program ini berjalan sejak November 2012.

"Ini salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota pada warga yang kurang mampu dan para lansia dengan memperhatikan makanan yang sehat dan bervitamin," kata Kepala Dinas Sosial Surabaya, Supomo, pada detikcom, Kamis (24/3/2016).

Supomo menjelaskan, data penerima program berasal dari Bappemas Surabaya. Mantan Camat Kenjeran ini menegaskan, makanan yang diberikan pada lansia dan warga miskin dipastikan mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna.

"Menu tiap hari pasti berbeda dan kita pastikan mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna di antaranya buah buahan, sayuran serta daging segar," tegas Supomo.

"Diberikan sehari sekali dalam berupa boks dan jika diuangkan senilai Rp 11 ribu/orang," tambahnya.

Pembagian diberikan secara door to door. Dengan cara ini, Pemkot mengaku bisa mengetahui menu apa yang diinginkan penerima.

"(Menu) Tidak kita pukul rata. Kita sesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan para lansia, penyandang cacat serta yatim. Yang terpenting makanan tepat sasaran," tegas Supomo.

Pembagian makanan tidak sampai sore hari. Pagi sudah harus dibagikan. Pembagian melibatkan karang werdha di kelurahan se-Surabaya dengan dipandu oleh Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK).

Sekretaris Dinas Sosial Surabaya, Endah Kustandari, menambahkan, nilai makanan yang diberikan pada lansia, panyandang cacat serta yatim sejak November 2012 terus meningkat.

"Awalnya hanya Rp 4 ribu per orang. Tapi sekarang sudah Rp 11 ribu per orang dengan menu yang sehat minus susu," pungkas Endah.

Berdasarkan data Dinsos Surabaya 2016, penerima makanan berjumlah 24.830 orang. Rinciannya 14.109 lansia, 4.509 penyandang cacat, dan 6.213 yatim.
(ze/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com