ADVERTISEMENT

86.785 Siswa SD Jadi Target Vaksinasi Anak di Klaten, Ini Tahapannya

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 10:35 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Anak
Ilustrasi vaksinasi anak. (Foto: detikcom)
Klaten -

Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Jawa Tengah melakukan pendataan siswa untuk vaksinasi usia 6-11 tahun. Sebanyak 86.785 anak menjadi target vaksinasi.

"Jumlah total siswa usia SD 6-11 tahun ada 86.785 anak. Mereka terdiri dari siswa SD negeri dan SD swasta di Klaten," ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Yunanto pada detikcom di Pemkab Klaten, Kamis (16/12/2021).

Yunanto menjelaskan jumlah siswa SD negeri di Klaten sebanyak 67.356 siswa dan SD swasta ada 19.429 siswa. Saat ini, lanjut dia, data sudah ada hanya tinggal menyesuaikan teknisnya.

"Teknis pelaksanaan kami menyesuaikan dari Satgas kecamatan dan kabupaten seperti apa. Persetujuan orang tua sudah dilakukan tapi datanya masih di Kabid," lanjut Yunanto.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, dokter Anggit Budiarto, menjelaskan saat ini persiapan tahapan vaksinasi anak di Klaten sedang dilakukan.

"Kita pendataan sasaran di sekolah dan desa. Setelah data didapatkan, tanggal 20 Desember batas akhir pendataan," ungkap Anggit pada detikcom, hari ini.

Anggit menjelaskan dari hasil rapat sudah ada kesepakatan Satgas dan layanan kesehatan tanggal 20 Desember batas akhir. Data akan diinput dengan Google Form.

"Data diinput di Google Form sehingga total sasaran bisa diketahui, di Puskesmas juga diketahui. Logistik bisa menggunakan Sinovac dulu dengan memperkirakan dosis dua sekalian," papar Anggit.

Selain dengan Sinovac, sambung Anggit, nantinya akan dilanjutkan dengan vaksin Biofarma. Format pemeriksaan nanti ada 9 pertanyaan screening.

"Ada 9 pertanyaan nantinya ke siswa. Teknis pelaksanaan sesuai edaran Kemenkes itu di Puskesmas tapi coba kita koordinasi dengan provinsi, apakah bisa dengan mendatangi sekolah," imbuh Anggit.

Tim satgas, tegas Anggit, tetap akan menunggu data selesai dulu sehingga jelas.

"Kita tetap menunggu data sasaran. Kalau kita asal vaksin nanti susah menyelesaikan, kita tetap menunggu tanggal 20 Desember selesai dulu," pungkas Anggit.

Simak juga 'Jokowi Tinjau Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Bareng Anies-Nadiem':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT