Puting Beliung Terjang Kawasan Rawa Jombor, 5 Rumah Tertimpa Pohon

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 19:07 WIB
Rumah tertimpa pohon tumbang di Rawa Jombor, Klaten, Rabu (8/12/2021).
Rumah tertimpa pohon tumbang di Rawa Jombor, Klaten, Rabu (8/12/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Hujan disertai angin puting beliung menerjang wilayah sekitar Rawa Jombor di Klaten, Jawa Tengah. Lima rumah di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat rusak tertimpa pohon tumbang.

"Laporan sementara dari relawan desa ada lima rumah yang rusak tertimpa pohon. Ada juga kandang ayam," ungkap Sekdes Krakitan, Warsono, pada wartawan, di kantornya, Rabu (8/12/2021).

Warsono menjelaskan kejadian hujan disertai angin puting beliung itu terjadi mulai sekitar pukul 15.15 WIB sore tadi ketika hujan turun. Hujan tak terlalu deras tetapi disusul dengan angin.

"Hujan tidak deras tetapi kemudian diikuti angin kencang atau puting beliung itu tadi. Gedung perkakas desa dan Bumdes atapnya rusak hilang," sebut Warsono.

Dari laporan, terang Warsono, ada empat dusun terdampak yaitu Selorejo, Ngasem, Sendang dan Winong. Kerugian mencapai ratusan juta.

"Kerugian kalau dengan rumah warga ya sekitar Rp 500 juta. Tidak ada korban jiwa," sebut Warsono.

Warga Dusun Ngasem, Desa Krakitan, Heru Sutarto, mengatakan angin cukup kencang. Satu unit rumah rusak berat tertimpa pohon asam tumbang.

"Lapor rumah kena pohon asem bagian depan rusak parah di RT 3 RW 12. Sementara diatasi relawan desa," kata Heru pada detikcom.

Wartini, warga Dusun Sedan, Desa Krakitan, mengatakan kejadian sekitar 10 menit. Awalnya hujan tidak deras tapi angin berangsur kencang dan berputar.

"Angin berputar, pohon-pohon pada keliling berputar, bahkan daun kelapa terbang terbawa. Kita lari mencari lokasi aman," kata Wartini pada wartawan di lokasi.

Angin merobohkan pohon mahoni di dekat rumahnya. Pohon mahoni menghantam rumah tetangganya.

"Kena belakang rumah tapi rumah kosong karena pemiliknya merantau di Bandung. Tidak ada yang luka," sebut Wartini.

Diwawancarai terpisah, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten Rujedi mengatakan beberapa laporan sudah masuk terkait kerusakan di Desa Krakitan. Termasuk kantor Desa Krakitan.

"Laporan sementara dari Dusun Sedan, Desa Krakitan pohon roboh kena rumah, tidak ada luka. Atap gedung di kantor desa juga rusak, ini tim masih mendata," terang Rujedi pada detikcom.

(sip/sip)