Bupati Bantul Bujuk Ibu Pemuda Bucin Jual Perabot Rumah Cabut Laporan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 20:07 WIB
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat mendatangi kediaman Paliyem di Kapanewon Pundong, Selasa (7/12/2021).
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat mendatangi kediaman Paliyem (Foto: dok. Pemkab Bantul)
Bantul -

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mendatangi Paliyem, ibu pemuda bucin yang nekat jual perabotan rumah di Kapanewon Pundong. Halim membujuk Paliyem mencabut laporan polisi terhadap anaknya inisial DRS.

"Saya mencoba untuk mengelaborasi pandangan Bu Paliyem ini, dan dia masih belum bisa (mencabut laporan polisi). Kalau memaafkan sudah dimaafkan, tapi proses hukum menurut beliau harus tetap jalan," ucap Halim kepada wartawan di Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Selasa (7/12/2021).

Halim menyebut Paliyem masih emoh mencabut laporan polisi terhadap anaknya agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Halim mengaku bisa memahami alasan Paliyem, namun tetap meminta Paliyem mempertimbangkan keputusannya itu.

"Nah, cobalah ini kita ikuti alur proses hukum seperti apa dulu sembari melihat perkembangan Mas DRS ini psikologinya bagaimana. Kemudian sikapnya ini berubah atau tidak," ucapnya.

Halim pun berharap Paliyem bisa luluh dan berubah pikiran untuk mencabut laporan polisi terhadap anaknya sendiri. Terlebih, DRS merupakan anak semata wayang Paliyem.

"Kalau kita yakin ada perubahan yang signifikan ya kita mohonlah kepada Bu Paliyem untuk mencabut laporan. Jarang kan ada orang tua menuntut secara hukum anaknya, apalagi hubungan orang tua dan anaknya itu selamanya, dan itu tidak boleh putus," ujarnya.

"Maka dalam rangka itulah saya masih meminta untuk beliau untuk cabutlah ini. Apa Bu Paliyem tidak ingat saat membesarkan anaknya. Tapi kembali lagi itu hak beliau sebagai warga negara, pastinya punya pertimbangan-pertimbangan sendiri," lanjut Halim.

Di sisi lain, Halim mengaku ingin membantu mengembalikan perekonomian Paliyem. Dia pun berencana untuk mengirimkan peralatan memasak hingga tempat tidur untuk Paliyem.

"Ya nanti kita lihat saja perkembangannya seperti apa, ya. Yang penting bagaimana kehidupan ibu Paliyem bisa kembali normal, wajar," katanya.

"Maka pertolongan pertama fasilitas untuk hidup layak terpenuhi dulu. Alat masak dan tempat tidur harus ada dan segera kita kirim," ujar Halim.

Terpisah, Paliyem mengaku masih enggan mencabut laporannya ke polisi. Dia khawatir anak tunggalnya itu bakal kembali berulah jika sudah keluar penjara.

Selengkapnya soal pernyataan Paliyem terkait pencabutan laporan polisi anaknya yang bucin...

Simak juga Video: Nekat Jual Tanah Milik Istri, Pria di Kulon Progo Diancam 7 Tahun Bui

[Gambas:Video 20detik]