Pendaki Asal Ukraina yang Hilang di Merbabu Ditemukan Selamat

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 08:20 WIB
Pemandangan Gunung Merbabu dari Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari (Ampel), Boyolali, Rabu (18/9/2019).
Pemandangan Gunung Merbabu dari Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari (Ampel), Boyolali, Rabu (18/9/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali -

Pendaki asal Ukraina yang hilang di Gunung Merbabu berhasil ditemukan. Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian semalam berhasil menemukan pendaki bernama Nikolay itu dalam kondisi selamat.

"Alhamdulillah sudah diketemukan. Tadi malam langsung dicari," kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Widodo Munir, kepada detikcom, Minggu (5/12/2021).

Pendaki warga negara asing (WNA) asal Ukraina itu langsung dibawa turun. Nikolay dibawa ke posko di kantor Resort Selo, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb).

Sementara itu, Komandan SAR Boyolali Kurniawan Fajar Prasetyo mengatakan, setelah mendapat informasi adanya pendaki yang hilang atau tersesat di Gunung Merbabu, pihaknya langsung konfirmasi dan koordinasi ke BTNGMb. Pihaknya juga segera naik ke Resort Selo BTNGMb untuk melakukan koordinasi upaya pencarian.

Tadi malam, dua SRU langsung naik untuk melakukan pencarian. Upaya pun membuahkan hasil. Tim SAR berhasil menemukan Nikolay dalam kondisi selamat. Oleh tim SAR, Nikolay langsung dibawa turun menuju ke Posko di Kantor Resort Selo BTNGMb.

"Ya, Nikolay sudah ditemukan dan sudah dibawa turun dini hari tadi ke Posko Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, di Selo (Boyolali)," kata Kurniawan yang juga Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali.

Terpisah, Kepala Sub Tata Usaha BTNGMb Johan Setiawan juga membenarkan bahwa satu pendaki warga negara asing asal Ukraina yang dilaporkan hilang atau tersesat di Gunung Merbabu, sudah berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan.

"Iya (sudah ditemukan)," kata Johan singkat saat dikonfirmasi.

Diberitakan sebelumnya, seorang pendaki asal Ukraina dilaporkan hilang atau tersesat di Gunung Merbabu.

"Informasinya seperti itu (pendaki hilang). Infonya dari Ukraina," kata Koordinator Perlindungan BTNGMb Yulianto saat dikonfirmasi, Sabtu (4/12) malam.

Rombongan pendaki Ukraina itu berjumlah tiga orang. Namun yang hilang satu pendaki. "Rombongan 3 orang, yang hilang 1 orang," jelasnya.

Pihak Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, langsung naik ke kantor BTNGMb Resort Selo untuk melakukan koordinasi pencarian, tadi malam.

Simak juga 'Napak Tilas dan Kesaksian Bocah Hilang di Gunung Guntur':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)