Terpopuler Sepekan: Omah PSS Sleman Dibakar Suporternya Sendiri

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 09:08 WIB
Omah PSS atau Kantor PSS Sleman di Jalan Raya Randugowang, Tegal Weru, Kabupaten Sleman, dibakar orang tak dikenal, Minggu (28/11) sore. Sosok pria mengenakan pakaian serba hitam tersebut tertangkap CCTV.
Terekam CCTV! Omah PSS Sleman Dibakar OTK. (Foto: 20Detik)
Sleman -

Kantor PSS Sleman yakni Omah PSS di Ngaglik, Kabupaten Sleman dibakar orang pada Minggu (28/11) lalu. Setelah beberapa hari buron, dua orang pelaku pembakaran menyerahkan diri ke polisi.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Prasadana mengatakan para pelaku yakni pria inisial GD (36) warga Bantul dan TL (26) warga Sleman. Keduanya tergabung dalam salah satu kelompok suporter PSS Sleman.

"Iya (mereka) tergabung dalam salah satu suporter. Kami sebelumnya sudah mengidentifikasi pelaku, dan semalam pelaku bersama rombongan suporter menyerahkan diri ke Polres," kata Rony di Mapolres Sleman, Rabu (1/12/2021).

Dari pemeriksaan awal, Rony mengatakan para pelaku ini nekat membakar kantor PSS untuk meluapkan rasa kekecewaanya. Adapun modus pelaku yakni membakar meja kayu, beberapa kursi, lantai dan dinding di Omah PSS dengan menggunakan bensin.

"Motifnya bentuk kekecewaan terhadap manajemen dan permainan PSS yang tidak kunjung bagus di Liga 1," jelasnya.

Dijelaskan Rony, sebelum membakar Omah PSS, para pelaku awalnya tengah menghadiri acara yang diadakan oleh salah satu kelompok suporter PSS Sleman. Dalam acara itu juga sembari menonton pertandingan.

Di acara tersebut, pelaku mengaku minum minuman keras. Kemudian seiring berjalannya waktu Super Elja, julukan PSS Sleman, menelan kekalahan melawan Pendekar Cisadane, julukan Persita Tangerang.

Mereka pun meluapkan kekecewaan dengan membuat kerusuhan di Omah PSS.

Saat itu, GD berboncengan dengan TL dan menuju ke Omah PSS. Dalam perjalanan salah seorang rekannya ikut membuntuti.

Sesampainya di dekat Omah PSS pelaku kemudian membeli bensin eceran yang kemudian dipindah ke botol air mineral. Sekitar pukul 17.00 WIB mereka tiba di Omah PSS dan GD langsung masuk ke ruang meeting dan melakukan aksi pembakaran.

"GD masuk lewat gerbang depan, dia sempat ditegur olah security 'Woy mau ngapain?' dan dijawab oleh GD 'Rasah melu-melu pak (tidak usah ikut-ikut pak)', kata Rony.

Selanjutnya: terancam hukuman 12 tahun penjara...