Polisi Sekat Plaza Manahan, Massa 212 Solo Pindah ke Kartopuran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 14:50 WIB
Polisi Sekat Plaza Manahan, Massa 212 Solo Pindah ke Kartopuran, Kamis (2/12/2021).
Massa 212 Solo pindah ke Kartopuran, Kamis (2/12/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Polisi berusaha mencegah massa Aksi Super Damai 212 melakukan aksi di Plaza Manahan Solo dengan menyekat sejumlah titik di Solo Raya, Jawa Tengah. Massa reuni 212 ini akhirnya berpindah tempat aksi di Gedung Umat Islam, Kartopuran, Solo.

Pantauan detikcom, Kamis (2/12/2021) pukul 14.00 WIB, massa sudah berkumpul di dalam gedung. Peserta aksi tampak meluber hingga ke luar gedung.

Di dalam gedung, terlihat para peserta duduk di lantai. Laki-laki duduk di sisi utara, perempuan di sisi selatan. Mereka mendengarkan sejumlah tokoh yang berbicara.

Humas aksi, Endro Sudarsono, mengatakan pemindahan lokasi dilakukan setelah adanya larangan dari Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak.

"Kemarin ada ancaman dari kepolisian akan membubarkan. Kami pindahkan ke Gedung Umat Islam," kata Endro saat dihubungi detikcom, hari ini.

Dia bersama sejumlah tokoh sempat mendatangi Plaza Manahan untuk menyampaikan kepada peserta untuk pindah ke Kartopuran.

"Tadi hanya beberapa tokoh saja ke Plaza Manahan, barangkali ada yang tidak tahu, kita informasikan acara pindah ke Gedung Umat Islam," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi memperketat pengamanan di wilayah perbatasan dan mencegah massa masuk ke area Plaza Manahan Solo, karena sudah dipindahkan ke Serengan.

"Ada 700-an personel yang diterjunkan untuk mengantisipasi masuknya peserta Reuni 212. Penyekatan juga dilakukan di enam pintu masuk Solo," ujar Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak usai memimpin apel di Mapolresta Solo, hari ini.

Personel yang dilibatkan tidak hanya dari kepolisian, tetapi juga dari TNI dan Brimob Polda Jateng. Ade menuturkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh Kapolres di wilayah Solo Raya untuk membantu melakukan penyekatan massa Reuni 212.

"Titik penyekatan di enam pintu masuk batas kota, koordinasi Kapolres di Solo Raya pengamanan batas kota masing-masing untuk mencegah pergerakan masuk ke Solo. Kalau sudah maksimal gedung yang digunakan maka dilakukan penyekatan," urainya.

(sip/rih)